Ini pemenang Pilkada Lamandau menurut perhitungan KPU

id Pilkada Lamandau 2018,pemenang pilkada lamandau 2018,Hendra Lesmana-Riko Purwanto,Paslon pemenang pilkada lamandau

Ini pemenang Pilkada Lamandau menurut perhitungan KPU

Komisioner KPU Kabupaten Lamandau, Abdul Basir. (Istimewa).

Partisipasi masyarakat dalam Pilkada bupati dan wakil bupati Lamandau tahun 2018 ini yang menggunakan hak suaranya sebanyak 39.866 dari jumlah 59.945 warga yang memiliki hak pilih. Jadi sisanya masih ada warga yang tidak memilih atau suara rusak
Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Berdasarkan hasil penghitungan cepat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamandau, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Hendra Lesmana-Riko Purwanto berhasil mengungguli tiga paslon lain Pemilihan Kepala Daerah tahun 2018 dengan perolehan suara sekitar 24.142 suara atau 60,56 persen.

"Perhitungan cepat itu ini berdasarkan rekapan format C1 yang sudah selesai dimasukkan datanya pagi tadi. Data C1 ini direkap dari 156 TPS dari 8 Kecamatan yang ada di Lamandau," kata Komisaris KPU Kabupaten Lamandau Abdul Basir, di Nanga Bulik, Kamis.

Urutan kedua paslon yang mendapatkan suara terbanyak di Pilkada Lamandau yakni FX Perwiragato-Taufik Hidayat dengan perolehan 11.303 suara atau 28.35 persen, diikuti Taji Pranito-Gandhi Nuswantara 2.549 suara atau 6.30 persen, dan Sata Umani-Karyadi 1.872 suara atau 4,70 persen.

Abdul pun menegaskan perhitungan cepat KPU Kabupaten Lamandau sudah dinyatakan 100 persen, namun perhitungan rekapitulasi perolehan suara baru akan final setelah digelar rapat pleno seluruh PPK yang akan dilaksanakan oleh KPU setempat, Kamis (5/7/2018) mendatang.

"Partisipasi masyarakat dalam Pilkada bupati dan wakil bupati Lamandau tahun 2018 ini yang menggunakan hak suaranya sebanyak 39.866 dari jumlah 59.945 warga yang memiliki hak pilih. Jadi sisanya masih ada warga yang tidak memilih atau suara rusak," demikian Abdul Basir.

Sebelumnya, Bupati Lamandau, Marukan, mengapresiasi dan salut atas antusias warga dalam memberikan hak pilihnya dalam Pilkada tahun 2018 ini cukup tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang mendatangi tempat pemungutan suara.

Dia mengatakan selama ini selalu memantau proses pilkada dan bersyukur tidak ada terjadi hal-hal yang merusak kelancaran pesta demokrasi di Kabupaten Lamandau. Dia pun berpesan kepada para paslon agar dapat legowo untuk menerima apapun hasil akhirnya nanti.

"Masyarakat sudah menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya. Jadi, siapapun yang nantinya terpilih merupakan pilihan mayoritas masyarakat Lamandau. Laksanakan amanah yang dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," demikian Marukan.