Tim penjelajah sepeda nusantara Kemenpora disambut tari Lawang Sekepeng

id Kabupaten Kotawaringin Barat,penjelajah sepeda nusantara,pangkalan bun,tim penjelajah sepeda nusantara kemenpora

Tim penjelajah sepeda nusantara Kemenpora disambut tari Lawang Sekepeng

Plt Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kobar, Ahmad Yadi (memegang bendera) melepas secara langsung rombongan tim jelajah sepeda nusantara untuk melanjutkan perjalan dari Kabupaten Kobar menuju Kota Sampit, Pangkalan Bun, Rabu (4/7/2018). (Foto Antara Kalteng/Hendri Gunawan).

rute penjelajahan sepeda nusantara ini dimulai dari Entikong, kemudian singgah di Kabupaten Kobar dan akan dilanjutkan perjalan menuju Palangka Raya dan melanjutkan perjalan ke Kalimantan Selatan, Kalimantan utara, Sulawesi dan terakhir di pulau Dewa
Pangkalan Bun (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 15 orang tim penjelajah sepeda nusantara Kementerian Pemuda dan Olahraga yang berangkat dari Pos Lintas Batas Negara Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat, tiba di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (4/7/18) dini hari.

Kedatangan penjelajah sepeda nusantara di Pangkalan Bun itu pun disambut tradisi Lawang Sekepeng atau tradisi silat suku Dayak yang dipersiapkan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kobar, di halaman kantor Bupati setempat.

"Jelajah sepeda nusantara ini program Kemenpora yang mempunyai misi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berolahraga, salah satunya melalui sepeda," kata Asisten Deputi Kewirausahan Muda Kemenpora sekaligus Ketua Tim, Imam Gunawan.

Penjelajahan sepeda nusantara ini juga bertujuan memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sekaligus mensosialisasikan bahwa Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018 dan Asian Para Games tahun 2018.

Dia mengatakan, rute penjelajahan sepeda nusantara ini dimulai dari Entikong, kemudian singgah di Kabupaten Kobar dan akan dilanjutkan perjalan menuju Palangka Raya dan melanjutkan perjalan ke Kalimantan Selatan, Kalimantan utara, Sulawesi dan terakhir di pulau Dewata Bali, Denpasar.

"Kalau untuk tim penjelajah sepeda nusantara sebanyak 15 orang ini terdiri dari empat atlet sepeda nasional yang sampai sekarang masih aktif, mantan atlet dan pegiat sepeda," kata Imam.

Gita Widiayunika, Salah seorang atlet junior pesepeda nasional yang ikut dalam rombongan penjelajahan sepeda nusantara ini mengaku bangga terpilih untuk mengikutinya. Dia juga mengaku cukup senang dengan keadaan kondisi jalan raya yang ada di Kabupaten Kobar.

"Saya cukup senang dengan kondisi jalan raya disini, karena tadi ada beberapa ruas jalan utama yang memiliki jalur khusus untuk para pesepeda," kata Gita.

Tim penjelajah sepeda nusantara Kemenpora saat tiba di Pangkalan Bun di sambut langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kobar, Ahmad Yadi. Tim ini pun sudah dilepas dan melanjutkan perjalanan menuju Kota Palangka Raya.