Bulog Sampit jamin stok beras masih aman

id Bulog Sampit jamin stok beras masih aman,Beras,Ketahanan Pangan

Bulog Sampit jamin stok beras masih aman

Pekerja saat menyusun beras di gudang Bulog Sampit di Jalan Jenderal Sudirman Sampit, belum lama ini. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, menjamin stok beras untuk wilayah setempat masih aman untuk empat bulan ke depan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Saat ini stok beras di gudang Bulog ada sebanyak 1.200 ton. Jumlah itu kami perkirakan aman untuk empat bulan ke depan," kata Kepala Seksi Harga Pasar, Pengadaan dan Pelayanan Publik Bulog Sub Divre Sampit, Wanto di Sampit, Jumat.

Dengan jumlah tersebut, maka dipastikan stok beras hingga perayaan Hari Raya Idul Adha nanti tidak ada masalah, sehingga masyarakat diimbau membeli beras dengan jumlah normal karena stok masih aman.

Harga beras di Kotawaringin Timur sering mengalami kenaikan, khususnya menjelang hari besar keagamaan. Untuk itulah Bulog selalu menjaga stok beras agar bisa melakukan stabilisasi harga.

Saat harga beras naik, Bulog langsung melakukan operasi pasar beras. Intervensi itu dilakukan dengan tujuan agar harga beras di pasaran kembali stabil.

Stok beras di gudang Bulog berasal dari luar Kalimantan Tengah. Namun sebagian ada pula yang merupakan beras hasil serapan panen petani di Kalimantan Tengah, khususnya kawasan Pegatan Kabupaten Katingan.

Wanto meyakinkan, kualitas beras lokal sekarang sudah cukup bagus dan tidak kalah dengan beras dari luar daerah. Untuk itu masyarakat tidak perlu ragu terhadap kualitas beras yang didistribusikan Bulog.

Setiap beras yang masuk dan yang akan didistribusikan, selalu diperiksa untuk memastikan kualitasnya. Karena itulah Bulog meyakinkan bahwa kualitas beras yang mereka distribusikan tidak kalah dari beras komersial yang dipasarkan perusahaan swasta.

"Sekarang minat masyarakat terus meningkat karena kualitas beras yang didistribusikan Bulog memang bagus. Harganya lebih murah dibanding beras lain yang sejenis di pasaran," kata Wanto.

Bulog terus memantau kondisi kebutuhan pokok seperti beras dan lainnya, sebagai upaya pemerintah menjamin ketahanan pangan nasional. Selain beras, Bulog Sub Divre Sampit juga memasarkan gula, minyak goreng, daging beku dan sejumlah komoditas lainnya dengan harga terjangkau.