Dinkes Palangka Raya targetkan 71.114 anak diimunisasi rubela

id dinkes palangka raya,imunisasi rubela

Dinkes Palangka Raya targetkan 71.114 anak diimunisasi rubela

Kasi Surveilans dan Imunisasi, Dinkes Palangka Raya, Maria Jaquelina. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan 71.114 anak usia sembilan bulan hingga kurang dari 15 tahun diimunisasi campak atau measles dan rubela.

"Imunisasi MR ini akan dilakukan pada Agustus sampai September 2018. Jadi anak usia sembilan bulan sampai kurang dari 15 tahun akan dilakukan imunisasi MR tanpa memandang imunisasi yang telah dilakukan. Jadi semuanya wajib diimunisasi MR," kata Kasi Survelians dan Imunisasi Dinkes Kota Palangka Raya, Maria Jaquelina, di Palangka Raya, Senin.

Pihaknya menargetkan minimal 95 persen secara merata untuk anak usia sembilan bulan sampai kurang dari 15 tahun yang berjumlah 71.114 jiwa itu, diimunisasi sampai akhir September.

"Untuk itu pada pekan pertama Agustus kita menargetkan 70 persen sasaran sudah diimunisasi dan sisanya akan kita kejar hingga akhir September," katanya.

Selain memanfaatkan pusat layanan kesehatan masyarakat dan pos layanan terpadu, pelaksanaan imunisasi MR tersebut juga akan dilakukan dengan pola "jemput bola", dengan mendatangi setiap sekolah.

Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat "Kota Cantik" itu, terkait dengan pelaksanaan imunisasi MR.

Maria mengatakan imunisasi MR bertujuan membentuk imunitas kelompok sehingga dapat mengurangi transmisi virus ke usia yang lebih dewasa serta melindungi kelompok usia tersebut ketika memasuki usia dewasa.

Perempuan berkacamata itu, menerangkan bahwa pelaksanaan imunisasi di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah tersebut, merupakan kampanye tahap ke-2 di Indonesia yang mana tahap pertama telah dilaksanakan tahun lalu di Pulau Jawa.

Dia mengajak masyarakat yang memiliki anak usia sembilan bulan hingga kurang dari 15 tahun, turut menyukseskan program tersebut dengan memastikan anak telah mendapat imunisasi MR.