Pemerintah diminta terus tingkatkan kualitas penyelenggaraan haji

id Pemerintah diminta terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan haji,Jamaah haji,Calon haji,Supriadi,Halikinnor

Pemerintah diminta terus tingkatkan kualitas penyelenggaraan haji

Wakil Ketua DPRD Kotim H Supriadi dan Sekda Kotim Halikinnor menghadiri syukuran keberangkatan haji Ketua DPC Partai Gerindra Kotim Ary Dewar dan istri, Minggu (15/7/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani

Sampit (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, H Supriadi berharap kualitas penyelenggaraan ibadah haji terus meningkat agar calon haji bisa menjalankan ibadah lebih khusyuk dan nyaman.

"Kualitas penyelenggaraan ibadah haji di tingkat pusat dan daerah harus terus ditingkatkan. Pemerintah harus memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah calon haji," kata Supriadi di Sampit, Minggu.

Supriadi menilai, penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun terus menunjukkan perbaikan. Namun pemerintah tidak boleh berpuas diri karena pelayanan optimal merupakan hal wajib yang diberikan pemerintah kepada jamaah calon haji.

Keluhan calon haji maupun kekurangan yang terjadi saat penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu harus dievaluasi agar tidak terulang pada tahun ini. Semua pihak harus turut membantu secara serius agar penyelenggaraan ibadah haji berjalan lancar dan optimal.

"Koordinasi di tingkat daerah hingga pusat harus dilakukan dengan baik. Hal itu untuk memastikan agar seluruh jamaah calon haji dilayani dengan baik mulai keberangkatan dari Sampit ke tanah suci dan kembali lagi ke Sampit," kata Supriadi.

Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, Halikinnor mengatakan pemerintah daerah berupaya terus membantu agar penyelenggaraan ibadah haji berjalan dengan baik. Koordinasi juga terus dilakukan dengan Kantor Kementerian Agama setempat dalam pemberangkatan hingga penyambutan kedatangan jamaah haji nantinya.

"Tahun ini Kotawaringin Timur juga mengalokasikan anggaran untuk tiga orang Tim Pembimbing Haji Daerah. Sayangnya ada kendala teknis yang mengakibatkan keterlambatan pengusulan kepada pemerintah provinsi, sehingga tidak bisa diakomodir. Mudah-mudahan tahun depan bisa," kata Halikinnor.

Berdasarkan data Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur, tahun ini jumlah jamaah calon haji dari kabupaten ini yang akan diberangkatkan sebanyak 215 orang. Mereka terdiri dari 98 laki-laki dan 117 perempuan. Ini merupakan yang terbanyak kedua di Kalimantan Tengah.

Calon haji Kotawaringin Timur berasal dari 10 kecamatan, yaitu Mentawa Baru Ketapang sebanyak 135 orang, Baamang 45 orang, Mentaya Hilir Selatan 20 orang, Parengean 2 orang, Mentaya Hulu 3 orang, Cempaga 3 orang, Pulau Hanaut 4 orang, Kotabesi 2 orang (satu orang meninggal), Mentaya Hilir Utara 2 orang, Antang Kalang 1 orang dan Telawang 1 orang.

Jamaah calon haji Kotawaringin Timur tergabung dalam kelompok terbang 11 bergabung dengan jamaah calon haji asal Kabupaten Pulang Pisau dan Katingan yang berjumlah 325 orang. Mereka diperkirakan diberangkatkan tanggal 4 atau 5 Agustus mendatang.

Sementara itu, salah seorang calon haji, Ary Dewar yang akan berangkat bersama istrinya Erni Faridha, mengaku terus mempersiapkan fisik dan mental untuk keberangkatan ke tanah suci Mekkah nanti.

"Kami memohon maaf kalau ada salah. Kami juga mohon didoakan agar kami dan seluruh jamaah calon haji, bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur," ucap Ary Dewar yang merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kotawaringin Timur.

Jamaah calon haji reguler dari Kotawaringin Timur nantinya akan diberangkatkan melalui jalur darat menuju Palangka Raya. Besok harinya, mereka diberangkatkan dari Embarkasi Antara Tjilik Riwut menuju Embarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin, kemudian diterbangkan ke tanah suci.