Baru tiga partai yang daftarkan calegnya di KPU Pulpis

id KPU Pulpis,Untung Surapati,Baru tiga partai yang daftarkan calegnya di KPU Pulpis

Baru tiga partai yang daftarkan calegnya di KPU Pulpis

IlUstrasi. (Istimewa)

Pulang Pisau (Antaranews Kalteng) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Untung Surapati mengungkapkan baru ada tiga partai dari sebanyak 16 partai politik yang tercatat di daerah setempat yang telah mendaftarkan calon legislatifnya untuk Pemilu Legislatif tahun 2019 mendatang.

"Hingga lewat tengah hari, baru ada tiga partai yang sudah mendaftarkan calegnya, yakni Partai Golkar Pukul 08.15 WIB, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Pukul 08.30 WIB, dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) Pukul 12.45 WIB," kata Untung Surapati di Pulang Pisau, Selasa.

Dikatakan Untung, setelah mengajukan berkas pendaftaran caleg, KPU setempat akan kembali melakukan verifikasi terhadap berkas caleg yang telah diajukan itu sebelum ditetapkan menjadi Daftar Calon Sementara (DCS).

Untung tidak mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab banyak partai yang lamban melakukan pendaftaran, apakah dikarenakan pengumpulan berkas para caleg atau masalah administrasi lainnya. 

Baca juga: Pendaftaran caleg di Pulpis sepi peminat

Pihaknya juga telah menyarankan kepada masing-masing partai politik melakukan pengumpulan berkas caleg secara kolektif untuk mempercepat proses administrasi pendaftaran.

Meski baru ada sebanyak tiga partai politik, pihaknya masih menunggu di hari terakhir penerimaan pendaftaran caleg yang dilakukan oleh partai politik di daerah setempat. Waktu yang ditentukan hingga pukul 24.00 malam.

Terkait dengan tingkat partisipasi pemilih, Untung memprediksi dalam Pileg Tahun 2019 mendatang angka partisipasi pemilih meningkat dari Pilkada Pulang Pisau 2018 mencapai 74 persen. 

Salah satu faktor peningkatan tersebut karena jumlah caleg yang cukup banyak dari partai politik dan tersebar tersebar saling bersaing untuk mendapat dukungan dari masyarakat.

Baca juga: Bupati Pulpis: ASN nyaleg segera ajukan surat pengunduruan diri