Vettel raih start terdepan untuk GP Jerman

id sebastian vettel, GP Jerman, formula 1

Pebalap Formula Satu Red Bull Sebastian Vettel dari Jerman. (REUTERS)

Hockenheim (Antara/Reuters) - Pemuncak klasemen Formula 1 Sebastian Vettel membawa Ferrari untuk start dari posisi terdepan pada balapan di "kandang" sendiri Grand Prix Jerman, setelah rivalnya untuk menjadi juara Lewis Hamilton yang membela Mercedes ke luar trek.
        
"Pole position" ini, yang diukir dengan memecahkan rekor catatan waktu trek yakni satu menit 11,212 detik, membuat para penonton bersuka cita pada hari yang basah di Hockenheim.
        
"Rasanya begitu menyenangkan untuk melihat banyaknya bendera merah, bendera Jerman, begitu banyak dukungan di trek," kata juara dunia empat kali itu, yang belum pernah meraih kemenangan di sirkuit yang paling dekat dengan tempat kelahirannya.
        
"Ini semakin membaik dan membaik dan saya tahu pada lap terakhir saya memiliki sesuatu yang lebih dan saya mampu mengeluarkan semuanya."
   
Rekan setim Hamilton yang berasal dari Finlandia, Valtteri Bottas, akan mendampingi untuk start di baris terdepan, sedangkan pebalap Ferrari Kimi Raikkonen di urutan ketiga, dan pebalap Red Bull Max Verstappen di urutan keempat.
        
Hamilton, yang tertinggal delapan poin dari Vettel setelah sepuluh balapan, lolos kualifikasi di urutan ke-14, setelah sempat menepi karena masalah pada sistem hidroliknya.
        
Pebalap Britania itu berusaha mendorong mobilnya kembali ke pit, dengan bantuan para "marshal, sebelum kemudian berjongkok di sebelahnya.
        
"Saya benar-benar tidak paham apa yang terjadi maka di benak saya, saya berpikir untuk membawa kembali mobil ke trek, namun mereka meminta saya untuk menepikannya," kata Hamilton, yang impiannya untuk meraih kemenangan keempat di Grand Prix Jerman semakin menipis.
        
"Saya melompat ke luar dan mendorongnya kembali, namun itu terlalu jauh."
   
"Saya melihat ada kebocoran oli dan saya tahu bahwa saya harus berhenti dan membiarkan mereka mengurus mobilnya. Saya hanya tidak ingin menyerah, saya ingin terus berusaha."
   
Ketua tim Mercedes Toto Wolff mengatakan mobilnya mungkin mengalami kerusakan saat melewati tepian trek (kerb). Bagaimanapun, Hamilton merasa bahwa masalah sudah terjadi sejak sebelumnya.
        
Pebalap asal Denmark Kevin Magnussen memaksimalkan absennya Hamilton di fase terakhir dengan membawa mobil Haas yang disokong Ferrari untuk menduduki posisi start kelima, sedangkan rekan setimnya yang berasal dari Prancis Roman Grosjean di urutan keenam.
        
Pasangan Renault, Nico Hulkenberg, satu-satunya pebalap Jerman selain Vettel, dan Carlos Sainz asal Spanyol berada di urutan ketujuh dan kedelapan.
        
Pebalap rookie Sauber asal Monaco Charles Leclerc tampil bagus untuk mengamankan posisi start kesembilan untuk tim Swiss itu, mengungguli pebalap Meksiko Sergio Perez yang menduduki urutan kesepuluh untuk Force India.

    
(H-RF)

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar