Plt Kadisdik Bartim diminta kerja profesional

id Plh Bupati Bartim Eskop,Kadisdik Bartim,Plt Kadisdik Bartim diminta bekerja profesional

Plt Kadisdik Bartim diminta kerja profesional

Plh Bupati Bartim, Ir Eskop MAP (tengah) diapit Plt Kadisdik Bartim, Perkadi Guai (kanan) dan Mahudi S Dalib selaku Kadisdik yang purna tugas, Selasa (31/7/19). (Foto Antara kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Pelaksana harian (Plh) Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ir Eskop mengingatkan agar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) setempat yang baru harus bisa bekerja amanah, proporsional dan profesional.

Hal ini dikarenakan struktur kerja Disdik yang membawahi ribuan aparatur sipil Negara (ASN)  baik dilingkup dinas hingga ke sekolah-sekolah.

"Saya sudah mengingatkan tadi karena pendidikan memiliki jumlah pegawai terbesar dan semua yang dibawahi hendaknya bisa mendukung kebijakan positif yang diambil Plt Kadisdik baru," kata Eskop usai acara pisah sambut Kadisdik Bartim di Tamiang Layang, Selasa.

Eskop juga mengingatkan agar jabatan kepala OPD tidak disalahgunakan. Kadisdik sebelumnya dinilai bekerja cukup baik dengan pengabdian selama 40 tahun enam bulan sebagai ASN.

Namun demikian, Eskop menjelaskan bahwa kewenangan untuk pengangkatan pejabat eselon II setingkat kepala OPD ada aturan yang berlaku.

Memungkinkan dilakukan pengangkatan secara langsung maupun harus mengikuti Computer Assesment Test (CAT).

"Hal tersebut hanya bisa dilaksanakan setelah ada Bupati dan Wakil Bupati definitif 2018-2023 dan setelah enam bulan menjabat nanti," katanya. 

Menurutnya, Plt Kadisdik saat ini bisa saja mengikuti proses assesment tersebut nantinya untuk mendapatkan jabatan definitif Kadisdik.

Sedangkan kepada Mahudi S Dalib yang telah pensiun atau purna tugas, Eskop tetap berharap bisa memberikan sumbang, saran, dan pemikiran serta pengalaman selama menjabat yang dinilai bermanfaat dan berdampak sangat besar terhadap kemajuan daerah dan dunia pendidikan.