Tips aman gunakan maskara untuk mata sensitif

id maskara,mata,lentik,sensitif

Tips aman gunakan maskara untuk mata sensitif

Ilustrasi mata (vemale.com)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Riasan mata jadi dilema ketika punya mata sensitif, niat ingin cantik bisa berubah jadi mata merah berair.

Ophthalmologist dari New York, Jessica Lattman , punya beberapa trik memakai maskara khusus untuk pemilik mata sensitif seperti dilansir Health:

Tes alergi
Sebelum memulas riasan mata, dr. Lattman menyarankan untuk mencoba produk di lengan bagian dalam. Tutupi bagian itu dengan plester, kemudian periksa lagi sehari kemudian. Bila tidak ada tanda-tanda kulit kemerahan, berarti produk itu cocok untuk kulit.

Pilih produk dengan formula sederhana
Produk klasik yang tidak punya embel formula ini-itu lebih cocok bagi pemilik mata sensitif. “Lebih sedikit bahan-bahan yang terkandung berarti lebih sedikit risiko iritasi,” kata dr. Lattman.

Pilih warna hitam
Bahan pewarna yang dipakai sebagai formula maskara berisiko bagi mata sensitif. 

Hindari antiair
Tentu menyenangkan untuk tampil percaya diri karena yakin maskara tidak akan belepotan kemana-mana, tapi formula antiair lebih sulit dihapus. Lebih baik ambil risiko belepotan ketimbang mata gatal dan iritasi, kan?

Bersihkan
Setelah memakai maskara, jangan lupa menghapusnya hingga bersih.

Tahu batasanmu
Bila memang maskara selalu menimbulkan iritasi mata, ucapkan selamat tinggal.

Buang
Dokter mata juga punya satu kiat lagi untuk pemakai maskara, “Buang maskara setiap tiga bulan karena bakteri bisa berkumpul dan menyebabkan infeksi.”