Warga Bartim diingatkan Bupati jangan bakar lahan

id pj bupati bartim,karhutla,bakar lahan

Warga Bartim diingatkan Bupati jangan bakar lahan

Pj Bupati Bartim H Ketut Widhie Wirawan. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Warga Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah diingatkan agar tidak membakar lahan di saat musim kemarau saat ini karena akan mengakibatkan kebakaran lahan dan hutan.

"Di saat kondisi kemarau dan panas, maka sangat rentan kebakaran. Apalagi bisa merembet ke lahan lainnya sehingga mengakibatkan kebakaran lahan yang besar," katanya Bupati Bartim, H Ketut Widhie Wirawan di Tamiang Layang, Kamis. 

Menurutnya, kondisi kemarau saat ini juga mengakibatkan air mulai sulit didapatkn. Jika terbakar, maka kendala utama adalah kesulitan memadamkannya. 

Ia meminta semua pihak bisa berupaya sekuat tenaga agar karhutla tidak terjadi. Karhutla kini menjadi atensi serius Pemerintah Provinsi Kalteng dan Pusat.

Kebakaran menjadi permasalahan yang belum terpecahkan. Pemerintah Kabupaten Bartim bersama SOPD teknis dan instansi lainnya mengadakan rapat penanggulangan karhutla. 

Menurut pria yang juga menjabat Asisten III, semua peristiwa kebakaran yang telah terekam di daerah menjadi evaluasi pertimbangan ke depan, termasuk upaya penambahan operasional damkar.

"Kelengkapan penunjang damkar perlu dievaluasi untuk menanggulangi kebakaran, baik karhutla maupun hunian warga," katanya.