Penyebab radang usus yang perlu Anda ketahui

id radang usus, Infeksi virus, Infeksi bakteri,Infeksi parasit,Penyebab radang usus yang perlu Anda ketahui

Penyebab radang usus yang perlu Anda ketahui

Ilustrasi usus (thinkstock)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Radang usus adalah penyakit yang bisa menyerang usus kecil atau usus besar yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, serta parasit.

1. Infeksi virus
Virus yang bisa menyebabkan meradangnya usus adalah norovirus. Virus yang menyerang usus kecil ini biasanya masuk dari makanan yang tercemar. Novovirus juga bisa berpindah dengan mudah melalui kontak fisik atau memegang benda yang terkena muntahan orang yang terinfeksi.

Infeksi virus ini akan menyebabkan zat gizi sulit diserap oleh tubuh hingga akhirnya menimbulkan kekurangan suatu nutrisi tertentu.

2. Infeksi bakteri
Sama seperti infeksi novovirus, bakteri penyebab radang usus dapat menular dan menyebar dari makanan. Namun, kali ini bakteri paling banyak ditemukan pada makanan yang tidak matang, seperti telur, daging merah, dan daging unggas.

Baca juga: Jangan spelekan gejala radang usus seperti ini
Baca juga: Makanan ini mampu cegah kanker usus


Beberapa bakteri yang ditemukan dalam makanan yang tidak matang dan menjadi penyebab radang usus adalah Salmonella, Shigella, Campylobacter, dan E. coli.

Ketika masuk ke dalam tubuh, bakteri tersebut akan langsung menempel di dinding-dinding usus dan mengeluarkan racunnya. Racun tersebutlah yang menyebabkan berbagai gejala radang usus muncul, misalnya diare dan dehidrasi.

3. Infeksi parasit
Parasit yang mengakibatkan munculnya gejala radang usus adalah Giardia. Infeksi parasit tersebut membuat usus kecil tidak mampu menyerap cairan dengan baik, sehingga menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak cairan.

Maka itu, ciri-ciri radang usus yang timbul jika Anda terkena infeksi parasit adalah diare. Giarda terdapat di dalam air seperti kolam renang atau danau. Anda bisa mengalami infeksi giardia jika tidak sengaja tertelan air yang tercemar parasit tersebut.

Karena penyakit radang usus disebabkan oleh infeksi, maka itu menjaga sanitasi dan kebersihan lingkungan serta diri sangat penting. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum makan dan sesudah dari kamar mandi.

Hindari juga makan makanan yang belum matang sempurna dan perhatikan pengolahan makanan yang akan Anda konsumsi.


sumber:hellosehat.com