Warga mampu di Seruyan masih terima Bansos Rastra

id kabupaten seruyan,penerima rastra di seruyan,dinsos seruyan,Juandi , Rahmawati Eka Murni,kasi dinsos seruyan

Warga mampu di Seruyan masih terima Bansos Rastra

Petugas dari Dinas Sosial Seruyan saat mengecek bantuan sosial beras sejahtera yang akan disalurkan kepada masyarakat (Foto Dinas Sosial Seruyan)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Ternyata masih ada kekeliruan pada data yang digunakan untuk menyalurkan bantuan sosial beras sejahtera atau bansos rastra di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

"Penyaluran rastra yang kami lakukan selama ini menggunakan data keluarga kurang sejahtera (KKS) yang berasal dari Badan Pusat Statistik. Sayangnya masih ada saja kekeliruan, yaitu mereka yang masuk dalam daftar bukan warga miskin," kata Sekretaris Dinas Sosial Seruyan Juandi di Kuala Pembuang, Kamis.

Selama ini nyatanya masih ada saja warga mampu yang masuk dalam data KKS, sementara orang yang lebih memerlukan bantuan justru tidak terdaftar. Namun tingkat kesalahan tersebut masih terbilang rendah, yaitu dibawah lima persen.

Menyikapi permasalahan itu, Dinsos Seruyan telah berkoordinasi dengan pemerintah desa yang ada di kabupaten Setempat. Di mana aparatur desa diminta untuk melakukan musyawarah dan melakukan verifikasi ulang terhadap data KKS. 

"Pemerintah desa lebih memahami dan mengetahui kondisi di lapangan, sehingga dapat memastikan apakah data KKS tersebut sudah benar atau perlu dirubah. Itu kenapa perlu dilakukan musyawarah," kata Juandi.

Setelah ada hasil kesepakatan musyawarah desa, nantinya akan ditindaklanjuti Dinsos Seruyan untuk dilaporkan ke Kementerian Sosial.

"Perubahan data tidak serta merta dapat dilakukan begitu saja. Harus melalui sejumlah tahapan sesuai aturan yang berlaku," kata Juandi.

Kepala Seksi Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan Dinsos Seruyan Rahmawati Eka Murni menambahkan, orang-orang yang belum terdata di kks, akan masuk dalam daftar tunggu dan diprioritaskan.

"Kemudian rencananya pada Oktober mendatang, akan dilakukan verifikasi ulang data dengan melibatkan semua pemerintah kecamatan beserta perangkatnya, sehingga kekeliruan seperti ini tidak lagi terjadi di tahun mendatang," katanya.

Beruntung selama ini kekeliruan data yang masih didapati pada data kks, tidak ada menimbulkan permasalahan ataupun konflik di masyarakat. Kendati ada protes, semuanya dapat diselesaikan dengan baik melalui musyawarah yang dilakukan.

Terhitung sejak Januari hingga September sudah ada sebanyak 288.630 bansos rastra yang disalurkan ke sepuluh kecamatan yang ada di Seruyan. Sementara itu sisanya adalah sebanyak 127.170 bansos rastra yang akan disalurkan di triwulan ke empat.