Pemuda Barito Utara ikuti ikrar anak bangsa

id sumpah pemuda ,ikrar anak bangsa ,pemuda barito utara,bupati nadalsyah

Pemuda Barito Utara ikuti ikrar anak bangsa

Bupati Barito Utara H Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda H Jainal Abidin dan pejabat lainnya foto bersama usai pelepasan peserta ikrar bersama anak bangsa dan hari sumpah pemuda di halaman kantor bupati, Jumat. (Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)-Sebanyak 70 orang pemuda dari kalangan pelajar, mahasiswa dan organisasi pemuda di Kabupaten Barito Utara, mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Ikrar Bersama Anak Bangsa tingkat Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

Ke 70 orang pemuda tersebut dilepas keberangkatannya oleh Bupati Barito Utara (Barut) Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Jainal Abidin dan pejabat lainnya di halaman kantor bupati setempat di Muara Teweh, Jumat.

Bupati Nadalsyah mengatakan ikrar Sumpah Pemuda yang dikumandangkan oleh pemuda-pemuda ini, selaku anak bangsa merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun, tepatnya setiap tanggal 28 Oktober, hal ini merupakan perwujudan rasa syukur dan kecintaan para pemuda kita terhadap tanah air serta bangsa dan negara.

"Semangat dan jiwa sumpah pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi dalam percaturan global," katanya.

Pemuda kata Nadalsyah dalam kehidupan global akan tetap menjadi eksis apabila menunjukan sebuah kapasitas kemandirian dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dan kreatif dalam berbagai kegiatan.

"Untuk itu pada kesempatan ini saya mengingatkan kembali kepada pemuda?pemuda kita bahwasanya pemuda mencerminkan keadaan bangsanya kedepan, oleh karena itu setiap pemuda harus mempersiapkan diri menjadi generasi yang mampu untuk melanjutkan pembangunan dan berbuat baik demi kemajuan bangsa ini, hindarilah perbuatan yang tidak terpuji seperti kenakalan remaja yang dapat mendekatkan diri pada pemakai minuman keras serta obat-obatan terlarang seperti narkoba dan sejenisnya," kata dia.

Nadalsyah mengatakan sebagai seorang pemuda Indonesia memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mencintai bangsa ini dengan sepenuh hati, harus menjadikan Sumpah Pemuda sebagai benteng pertahanan untuk tetap menjaga keutuhan bangsa.

"Melalui tangan seorang pemudalah harkat dan martabat bangsa sangat ditentukan, oleh karena itu semua pemuda harus mampu menopang dan memperbaiki moral agar tetap bersatu dalam bingkai, persatuan dan kesatuan bangsa dan negara, menjadi pemuda yang bisa dibanggakan dalam berbagai aspek pembangunan," ucapnya.

Bupati juga mengharapkan agar para pemuda dan pemudi yang mengikuti ikrar bersama anak bangsa dan hari sumpah pemuda ini bisa mengikuti semua kegiatan yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

"Jadikan ikrar bersama anak bangsa ini sebagai momentum untuk lebih giat lagi dalam menciptakan SDM yang berkualitas untuk membangun Barito Utara dengan tetap menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Nadalsyah.