Delapan pemuda lolos seleksi PPAP Kemenpora tingkat Kabupaten Gumas

id Delapan pemuda lolos seleksi PPAP Kemenpora tingkat Kabupaten Gumas, kalteng, gumas, Gunung mas

Delapan pemuda lolos seleksi PPAP Kemenpora tingkat Kabupaten Gumas

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing (tengah), sejumlah peserta dan lainnya berfoto bersama usai pembukaan seleksi PPAP tingkat kabupaten di Kuala Kurun, Selasa (2/4/2024). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Sebanyak delapan pemuda dan pemudi dinyatakan lolos seleksi Pertukaran Pelajar Antar Provinsi (PPAP) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI tingkat Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Dalam waktu dekat mereka akan mengikuti seleksi tingkat provinsi, kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Gunung Mas Aprianto, melalui Kepala Bidang Pembinaan Kepemudaan dan Olahraga Budi Arjuna di Kuala Kurun, Senin.

“Delapan pemuda dan pemudi yang lolos seleksi tingkat kabupaten adalah Eva Wahyuni, Ikhsan Juniadi, Oktandya Pasya Maiara, Yunisa Nasella Evansa, Tryoanda Nazaret, Kezia Quenquagesiame, Gracianna, dan Rachellina,” sambung Budi.

Seleksi PPAP tingkat Kabupaten Gunung Mas dipusatkan di Kuala Kurun, 2-3 April 2024. Sebanyak 24 pemuda dan pemudi, yang berasal dari berbagai kecamatan di wilayah setempat mengikuti seleksi ini.

Adapun tahapan seleksi meliputi sejumlah hal yakni administrasi, wawancara, akademik, wawasan kebangsaan, karakter, berbicara di depan umum atau public speaking, psikologi, serta unjuk bakat seni budaya.

Baca juga: PT SLK dukung Sanggar Kambang Pancar Rungan, lestarikan budaya secara berkelanjutan

Setelah mengikuti berbagai tahapan seleksi, delapan pemuda dan pemudi dinyatakan lolos dan akan diberangkatkan ke Palangka Raya untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi dalam waktu dekat.

Delapan pemuda dan pemudi tadi berusia antara 17 sampai 21 tahun. Mereka terdiri dari pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) serta mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi.

“Pemerintah Kabupaten Gunung Mas akan menanggung biaya transportasi, uang saku selama seleksi, makan di perjalanan dan selama kegiatan, serta pakaian olahraga. Selama seleksi tingkat provinsi mereka juga akan ditanggung oleh pemerintah provinsi,” beber Budi.

Sebelumnya, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing saat membuka seleksi PPAP Kemenpora RI tingkat kabupaten di Kuala Kurun, Selasa (2/4), menyambut baik keberadaan program tersebut.

"PPAP manfaatnya sangat banyak. Saya harap nantinya banyak pemuda dan pemudi dari daerah ini yang lolos seleksi," demikian Efrensia.

Baca juga: PT SLK rayakan Lebaran bersama warga Trans Kajuei

Baca juga: Malam takbiran dan shalat Idul Fitri di Gunung Mas kondusif

Baca juga: Pemkab terus berupaya wujudkan Gunung Mas jadi Kabupaten Layak Anak