PT SLK dukung Sanggar Kambang Pancar Rungan, lestarikan budaya secara berkelanjutan

id pt slk, pt sks listrik kalimantan, Sanggar Kambang Pancar Rungan, pelestarian budaya, tarian daerah, budaya dayak, gunung mas, gumas, kalteng, kaliman

PT SLK dukung Sanggar Kambang Pancar Rungan, lestarikan budaya secara berkelanjutan

PT SKS Listrik Kalimantan (SLK) menyerahkan bantuan properti tari kepada perwakilan Sanggar Kambang Pancar Rungan, Sabtu (13/4/2024). (ANTARA/HO-PT SLK)

Palangka Raya (ANTARA) -
PT SKS Listrik Kalimantan (SLK) melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan pada ragam sektor melalui Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).
 
"Salah satunya kami juga secara aktif berpartisipasi mendukung upaya pelestarian budaya daerah yang dilaksanakan secara berkelanjutan," kata Head CSR PT SKS Listrik Kalimantan, Dorothea Sthallhani Jasi dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Minggu.
 
Pengimplementasian dukungan ini, di antaranya dengan mendukung Sanggar Kambang Pancar Rungan yang ada di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah untuk terus berkarya dan berkreasi.
 
Dukungan dari PT SLK terhadap sanggar ini, salah satunya adalah memberikan pakaian dari kulit kayu untuk kebutuhan penampilan tari sebanyak tiga tiga pasang, gelang dadas dan lainnya. Dukungan ini diserahkan pada Sabtu (13/4) yang diterima oleh Septi Ayu dan Vivi Anggraini perwakilan sanggar.
 
Sanggar akan mengadakan pentas seni jilid ke-3 yang berjudul “Hapakat Palampang Utus Huma Betang” pada Mei 2024 dan pakaian tersebut akan digunakan untuk penampilan nantinya.

Baca juga: PT SLK rayakan Lebaran bersama warga Trans Kajuei
 
Kambang Pancar Rungan merupakan sanggar yang aktif berkegiatan dan saat ini memiliki sekitar 70 anggota yang terdiri dari anak-anak dan remaja.
 
"PT SKS Listrik Kalimantan dalam program CSR-nya berkomitmen untuk senantiasa mendukung pelestarian budaya melalui dukungan terhadap kebutuhan sanggar," tuturnya.
 
Jasi pun juga mengajak perusahaan lain di area Rungan untuk bersama-sama berkolaborasi mendukung Sanggar Kambang Pancar Rungan yang merupakan satu-satunya sanggar di Kecamatan Rungan.
 
Kondisi sanggar saat ini membutuhkan lebih dari sekedar properti tari, seperti juga perbaikan gedung untuk memungkinkan anak-anak dapat berlatih dengan aman dan nyaman.
 
"Semoga kita bisa bersama-sama mendukung perkembangan sanggar ini," harapnya.
 
Septi dan Vivi menyampaikan, pihaknya menerima semua bantuan dengan tangan terbuka, tidak hanya donasi tetapi semua yang bisa mendukung kegiatan operasional sanggar terutama untuk persiapan pentas seni tahunan bulan depan.
 
PT SKS Listrik Kalimantan merupakan perusahaan penyedia tenaga listrik yang mengoperasikan IPP PLTU Kalteng-1 berkapasitas 2 x 100 MW di Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Baca juga: PT SLK berbagi keberkahan bersama anak yatim dan lansia saat Ramadhan

Baca juga: PT SLK edukasi anak-anak pentingnya jaga kesehatan gigi dan mulut

Baca juga: PT SLK komitmen tingkatkan peran membangun daerah hingga optimalkan K3