Wabup berharap banyak pemuda Gumas lolos seleksi PPAP Kemenpora

id Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing, Gunung Mas, gumas, kalteng, pemuda Gumas lolos seleksi PPAP Kemenpora, seleksi PPAP Ke

Wabup berharap banyak pemuda Gumas lolos seleksi PPAP Kemenpora

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing mengalungkan tanda peserta seleksi PPAP tingkat kabupaten 2024 di Kuala Kurun, Selasa (2/4/2024). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing menyambut baik keberadaan program Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

"PPAP manfaatnya sangat banyak. Saya harap nantinya banyak pemuda dan pemudi dari daerah ini yang lolos seleksi," ucap Efrensia saat membuka seleksi PPAP tingkat Kabupaten Gunung Mas di Kuala Kurun, Selasa.

Perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gunung Mas ini menjelaskan, ada banyak manfaat yang akan didapat oleh mereka yang menjadi peserta PPAP. Di antaranya untuk menambah ilmu, pengetahuan, serta pengalaman.

Melalui PPAP diharap pemuda dan pemudi saling mengenal dan memahami keanekaragaman budaya, adat istiadat, serta potensi yang dimiliki oleh masing-masing provinsi. Ini juga untuk menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan. Pemkab Gumas pun mendukung penuh kegiatan ini, sekaligus berharap akan banyak pemuda dan pemudi dari daerah setempat yang bisa menjadi peserta kegiatan PPAP.

Lebih lanjut, seleksi PPAP tingkat Kabupaten Gunung Mas 2024 diikuti oleh puluhan pemuda dan pemudi. Dia meminta para peserta seleksi mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh.

"Bagi mereka yang nantinya tidak berhasil lolos saya minta untuk tidak berkecil hati. Tetap semangat sehingga bisa berhasil pada kesempatan berikutnya," pesan Efrensia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Gunung Mas Aprianto menyampaikan, seleksi ini diikuti oleh 24 peserta, dengan rincian 10 pemuda dan 14 pemudi.

Sebanyak 24 peserta seleksi PPAP tingkat Kabupaten Gunung Mas 2024 tersebut merupakan pemuda dan pemudi yang berusia 16 hingga 30 tahun. Di mana 24 orang itu murni berasal dari kabupaten bermoto 'Habangkalan Penyang Karuhei Tatau'.

Baca juga: Pemkab Gumas tetapkan 10 desa lokus penanganan stunting 2025

"Kegiatan seleksi PPAP tingkat Kabupaten Gunung Mas 2024 ini dipusatkan di Kuala Kurun, dan dijadwalkan berlangsung mulai 2 hingga 3 April 2024," beber Aprianto.

Salah satu peserta seleksi PPAP tingkat Kabupaten Gunung Mas 2024, Kezia Quenquagesimae mengaku antusias mengikuti seleksi ini. Apapun hasilnya, dia bersyukur bisa mengikuti seleksi ini.

"Saya yakin akan mendapat banyak pengalaman berharga dengan mengikuti seleksi PPAP tingkat Kabupaten Gunung Mas, apapun hasilnya nanti. Semoga saya bisa lolos ke tahap selanjutnya," demikian Kezia.

Baca juga: 316 guru PTT di Gunung Mas dilantik jadi PPPK

Baca juga: TPK Gunung Mas masuk tiga besar terbaik nasional

Baca juga: Pemkab Gunung Mas siapkan Rp350 juta untuk Ketapang Gaya