Langkah Jonatan terpaksa terhenti di tangan Chen Long

id Langkah Jonatan terpaksa terhenti di tangan Chen Long ,Jonatan Christie,Chen Long

Langkah Jonatan terpaksa terhenti di tangan Chen Long

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo/foc/16)

Jakarta, (Antaranews Kalteng) - Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie takluk dari pemain China Chen Long pada pertandingan perempat final turnamen Prancis Terbuka 2018 di Stadion Pierre de Coubertin Paris, Prancis, Jumat malam waktu setempat.

Jonatan, seperti dipantau Antara di Jakarta, Sabtu, dari situs resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), kalah dalam tiga gim 18-21, 21-12, 16-21 selama 67 menit permainan turnamen tingkat Super 750 itu.

Hasil pertandingan di Paris itu semakin menambah dominasi Chen Long atas Jonatan menjadi 5-0 tanpa balas. Kedua pemain terakhir kali berhadapan pada pertandingan beregu Asian Games 2018 dengan hasil 19-21, 21-16, 21-18 bagi Chen Long.

"Saya bermain ragu-ragu pada gim pertama sehingga banyak membuang bola. Chen Long juga bermain lebih fokus dan tampak lebih siap ketika poin imbang 16-16 gim pertama," kata Jonatan seperti tercantum dalam situs resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Baca juga: Kalah di Denmark Terbuka, Jonatan berhasil kalahkan Sameer di Prancis Terbuka

Atlet peraih medali emas nomor tunggal putra Asian Games 2018 itu mengaku pada gim kedua mendapatkan pola permainannya dengan tidak banyak melakukan serangan.

"Saya tidak memaksa menyerang karena sepertinya Chen Long sudah menantikan itu dan akan mengantisipasinya," kata pemain asal klub Tangkas Jakarta itu.

Hanya saja pada gim ketiga, lanjut Jonatan, Chen Long kembali menemukan ritme permainan semula seperti gim pertama. Situasi itu didukung dengan permainan atlet Indonesia itu yang kembali melakukan kesalahan bola-bola keluar garis lapangan.

"Saya masih bermain terburu-buru pada permainan tadi. Saya ingin langsung menyerang ketika mendapatkan kesempatan. Semestinya saya melakukan variasi serangan setengah smes dan chop seperti gim kedua," kata Jonatan yang mengaku mendapatkan pengalaman bertanding.

Indonesia mengirimkan dua wakilnya pada laga semifinal Prancis Terbuka 2018 setelah kekalahan Jonatan pada tunggal putra, pasangan campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, serta Gregoria Mariska Tunjung yang harus mundur dari Prancis akibat cedera pinggang.

Dua wakil Indonesia yang masuk semifinal Prancis Terbuka 2018 adalah ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan pasangan putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu