Guna antisipasi banjir, masyarakat diajak jaga kebersihan drainase

id dprd palangka raya,antisipasi banjir,kebersihan drainase

Wakil Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Sugianor . (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Sugianor mengajak warga bergotong royong membersihkan drainase untuk mengantisipasi bencana alam banjir dan genangan air terutama pada musim hujan.

"Seiring mulai masuknya wilayah kita pada musim hujan, maka sejak dini kita secara rutin harus menjaga lingkungan dengan membersihkan saluran drainase. Paling baik dilakukan dengan gotong royong," kata Sugianor saat dikonfirmasi dari Palangka Raya, Kamis.

Menurut dia, tradisi gotong royong harus terus dilakukan masyarakat dalam upaya mengantisipasi wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah terbebas dari bencana banjir.

Politisi PKB itu juga mengajak komunitas bersama-sama masyarakat membangun dan menumbuhkembangkan kembali semangat dan budaya gotong royong dalam upaya meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan.

"Kerja sama seluruh elemen masyarakat daerah ini diperlukan guna memaksimalkan upaya pencegahan dan penanggulangan bencana banjir dan upaya pelestarian lingkungan secara berkelanjutan," katanya.

Dia mencontohkan, kerja sama masyarakat dalam lingkup terkecil seperti membersihkan saluran drainase secara berkala di lingkungan tempat tinggal masing-masing agar tidak banjir karena saluran air tersumbat.

"Selain itu juga dengan tidak membuang sampah dan berbagai jenis limbah ke sungai besar seperti Sungai Kahayan agar keberadaan sungai terus bisa dimanfaatkan," katanya.

Dia menambahkan, pentingnya kebersihan sungai akan berdampak pada kesehatan masyarakat terutama yang hidup di bantaran sungai.

"Kebersihan sungai harus kita jaga bersama, sebab jika kotor dan tercemar tentu yang akan terganggu eksosistem sungai disekitarnya, dan dampaknya mengganggu kesehatan kita sendiri," katanya.

Dia kembali mengingatkan kebiasaan buruk masyarakat yang membuang sampah di saluran drainase dan sungai akan membuat aliran air terhambat yang dapat berdampak banjir saat hujan lebat.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar