Bawaslu ajak media aktif awasi pemilu 2019

id Bawaslu,pemilu,kpu,media masa

Bawaslu ajak media aktif awasi pemilu 2019

Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya Endrawati (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengajak kalangan media massa turut aktif mengawasi seluruh rangkaian Pemilihan Umum 2019.

"Media massa memiliki peras strategis dan jangkauan informasi yang luas. Untuk itu, mengajak para awak media untuk turut melakukan pengawasan. Apalagi kami sadar diperlukan peran berbagai pihak untuk menyukseskan pemilu 2019," kata Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya Endrawati, Rabu.

Pernyataan itu diungkapkan wanita berhijab itu usai pelaksanaan media `gathering" pada Pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Endra juga meminta media massa terutama di Kota Palangka Raya untuk selalu memberikan dan menyebarkan informasi yang akurat kebenarannya.

"Kami mengharapkan media selalu menyebarkan informasi yang baik dan benar. Sebagai ujung tombak dalam memberikan informasi kepada masyarakarat, maka semua berita harus bisa dipertanggung jawabkan," katanya.

Pada acara yang dilaksanakan di Kantor Bawaslu "Kota Cantik" itu, turut sebagai pemateri seperti serta anggota Komisioner KIP Kalteng, Kadis Kominfo Kota Palangka Raya Aratuni D Djaban dan Komisioner Bawaslu Kalteng Tity Yukrisna.

Komisioner Bawaslu Kalteng Tity Yukrisna mengatakan fungsi pengawasan yang dapat dilakukan media massa tersebut seperti memberikan informasi yang cepat dan tepat terkait potensi dan perbuatan yang melanggar aturan Pemilu.

Selain itu, media massa juga sebagai kontrol sosial masyarakat yang bisa memberikan informasi ke masyarakat terkait aktivitas pemilu seperti pelaksanaan kampanye yang dilakukan peserta pemilu.

"Dan yang lebih penting lagi media massa diharapkan juga bisa menyampaikan informasi dugaan pelanggaran pemilu," ujarnya.