Korpri berperan penting tingkatkan kualitas ASN Seruyan

id kabupaten seruyan,hut korpri di seruyan,asn berprestasi di kabupaten seruyan,Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Seruyan

Korpri berperan penting tingkatkan kualitas ASN Seruyan

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Seruyan Rusnah (dua dari kiri) saat berfoto bersama ASN berprestasi, Kuala Pembuang, Kamis, (29/11/2018). (Foto Protokol Pemka Seruyan)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, memiliki peranan penting dalam peningkatan kualitas dan kinerja aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di berbagai instansi.

"Korpri merupakan induk organisasi bagi ASN, di mana kedudukan dan kegiatannya tidak terlepas dari kedinasan. Jadi Korpri harus mampu membantu pemerintah kabupaten, memacu peningkatan kinerja ASN," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Seruyan Rusnah di Kuala Pembuang, Jumat.

Peringatan hari ulang tahun Korpri ke-47 yang baru saja dilaksanakan, hendaknya dijadikan sebagai momentum kebangkitan serta semangat baru bagi ASN, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Korpri di Seruyan diminta lebih giat dan aktif melakukan kegiatan, seperti pendirian sejumlah badan atau lembaga profit dan nonprofit, sehingga memberikan dampak positif berupa peningkatan kesejahteraan anggotanya.

Rusnah mengatakan apabila anggota Korpri yang umumnya ASN di lingkup pemerintah kabupaten sudah sejahtera, tentu berdampak nyata terhadap peningkatan kinerja serta kualitas mereka dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang abdi negara.

"Jika kesejahteraan sudah mampu direalisasikan bagi anggotanya, akan memperkecil potensi tindakan penyimpangan berupa korupsi, kolusi maupun nepotisme," ujarnya.

Pemerintah kabupaten juga menuntut Korpri mampu merealisasikan Pancaprasetya yang mereka miliki, yaitu setia dan taat kepada NKRI, menjunjung tinggi kehormatan maupun memegang teguh rahasia bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Kemudian bertekad memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta kesetiakawanan Korpri hingga menegakkan kejujuran dan keadilan, serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

"Korpri memiliki peran penting untuk mewujudkan visi dan misi yang dibuat pemerintah. Untuk itu kepengurusan yang ada saat ini, harus mampu bersinergi dan menjalankan perannya masing-masing," terang Rusnah.

Dia pun berpesan agar semua anggota Korpri memiliki integritas yang tinggi guna bekerja secara maksimal bagi daerah maupun negara.

"Jangan sampai ada pandangan negatif dari masyarakat yang menilai keberadaan Korpri belum dimanfaatkan dengan baik sesuai tugas dan fungsinya," demikian Rusnah.