Pemkab Seruyan diminta memprioritaskan peningkatan pelayanan di pelosok

id Pemkab Seruyan diminta prioritaskan peningkatan pelayanan di pelosok,Kuala pembuang,Wakil bupati,Iswanti

Pertemuan Pemerintah Kabupaten Seruyan dengan sejumlah Anggota DPRD Kalimantan Tengah dalam kegiatan reses, Kuala Pembuang, Selasa, (4/12/2018). (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, diminta memprioritaskan peningkatan pelayanan di kawasan pelosok karena kondisinya jauh tertinggal di kawasan kota.



"Berbagai permasalahan masih terjadi dan harus dihadapi masyarakat di sejumlah kecamatan di Seruyan, seperti kekurangan tenaga guru maupun tenaga kesehatan," kata anggota DPRD Kalimantan Tengah HM Fakhruddin di Kuala Pembuang, Selasa.



Hal itu disampaikannya saat pertemuan dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Seruyan pada kegiatan reses DPRD Kalimantan Tengah. Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Seruyan Iswanti beserta jajarannya.



Fakhruddin menjelaskan, dari kunjungannya bersama anggota DPRD Kalimantan Tengah lainnya di sejumlah kecamatan, masyarakat masih mengeluhkan tentang minimnya tenaga guru dan tenaga kesehatan yang ditugaskan di kecamatan, khususnya daerah pelosok.



"Seperti di Kecamatan Danau Seluluk, tenaga pendidik di berbagai tingkatan seperti SD, SMP hingga SMA masih sangat kekurangan. Juga tenaga medis yang jumlahnya tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya.



Keluhan ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten sesuai kewenangan yang dimiliki. Sementara yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi akan pihaknya sampaikan usai kegiatan reses selesai mereka lakukan.



Permasalahan lain yang dihadapi masyarakat adalah kondisi sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan penghubung dari desa ke ibukota kecamatan maupun kabupaten yang sulit dilalui. Kondisi ini menyulitkan masyarakat yang ingin melakukan pengurusan administrasi hingga kegiatan yang berkaitan dengan perekonomian.



Fakhruddin juga meminta pemerintah kecamatan menginventarisasi batas wilayah, karena saat ini masih banyak keluhan yang pihaknya terima terkait sengketa tata batas desa. Apabila tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah kecamatan, barulah nantinya ditindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten.



Wakil Bupati Seruyan Iswanti mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan solusi atas semua kendala yang masih dialami masyarakat di kecamatan khususnya wilayah pelosok. Dinas terkait akan diinstruksikan menindaklanjuti berbagai permasalahan yang disampaikan perwakilan DPRD Kalimantan Tengah.



"Semua permasalahan yang disampaikan anggota DPRD Kalimantan Tengah akan kami tindaklanjuti dan tangani sesuai kemampuan dan kewenangan yang dimiliki pemerintah kabupaten," terangnya.



Ia berharap, agar DPRD Kalimantan Tengah berpartisipasi secara aktif dan membantu pemerintah kabupaten menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di daerah. Melalui jalinan komunikasi dan kerja sama yang baik akan terwujud pembangunan yang merata di Seruyan.


Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar