Pemkab Barito Utara harus pandai cari dana pusat

id opd barito utara harus pandai cari dana pusat,dprd barito utara,opd barito utara

Anggota DPRD Barito Utara Henny Rosgiaty Rusli. (Istimewa)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)-Pemerintah Kabupaten Barito Utara harus pandai mencari dana dari Pemerintah Pusat karena  masih banyak pembangunan, baik dibidang infrastruktur, perekonomian dan lainnya, yang ada di daerah ini memerlukan pembiayaan untuk penanganannya. 

Banyaknya usulan masyarakat ke Pemkab Barito Utara pun hanya sebagian yang dapat diakomodir oleh pemerintah daerah, karena keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dimiliki, kata anggota Komisi II DPRD Barito Utara Henny Rosgiaty Rusli di Muara Teweh, Jumat.

Henny  mengharapkan kepada organisasi perangkat daerah (OPD), pandai mencari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat. Karena jika hanya mengandalkan dana APBD Kabupaten tidak akan mencukupi atau sangat terbatas. 

"Pembangunan di daerah akan lambat karena keterbatasan dana, sehingga perlu dana bantuan untuk daerah dari pemerintah pusat," kata Henny politisi dari PDI-Perjuangan ini.

Menurutnya, kepala dinas/instansi dapat mempertimbangkan masukan dari legislatif. Sebab saat ini Pemkab dan DPRD Barito Utara melakukan evaluasi kinerja perangkat daerah. Bagi pemerintah kabupaten yang kurang rajin mencari anggaran ke pusat akan berimbas minimnya kucuran dana dari pemerintah pusat ke daerah.  

"Memang sudah semestinya jika kepala dinas pandai mencari peluang untuk mendapatkan bantuan dana pusat bagi daerah,"  katanya.

Dia mengatakan, bahwa sudah ada sejumlah perangkat daerah yang mampu melobi anggaran dari pusat, diantaranya Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas PUPR, Dinas Perumahan Rakyat, Dinas Pertanian dan dinas lainnya. Hal ini dapat menjadi contoh bagi perangkat daerah lainnya, dan jangan terkesan menunggu kucuran dana baik Dana Alokasi Umum (DAU) dan DAK yang rutin dijatah.

"Sebenarnya jika pemerintah kabupaten proaktif melobi ke pusat, alokasi dana yang akan diberikan ke daerah cukup signifikan guna membiayai pembangunan," ujar Henny.

Secara terpisah, Sekda Barito Utara, H Jainal Abidin mengatakan sejauh ini keterwakilan anggota DPR RI yang berasal dari Provinsi Kalteng sudah memaksimalkan Pemkab Barito Utara. Misalnya, alat mesin pertanian (Alsintan) difasilitasi anggota DPR RI Hamdani dan alat kesehatan (Alkes) difasilitasi anggota DPR RI Hang Ali Saputra Syah Pahan. 

"Saya yakin banyak peluang untuk kepentingan daerah, kepala dinas diminta mengawal itu. Maksimalkan akses yang dimiliki legislatif perwakilan Kalteng," ucapnya.

Pewarta :
Editor: Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar