Usulan Gubernur terkait ornamen terminal baru Tjilik Riwut telah disetujui

id provinsi kalimantan tengah,kalteng,terminal baru tjilik riwut,sekda kalteng,fahrizal fitri,bandara tjilik riwut

Usulan Gubernur terkait ornamen terminal baru Tjilik Riwut telah disetujui

Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Foto Antara Kalteng)

sekarang ini tinggal pengaturan tata letaknya saja yang belum
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri menyebut, berbagai usulan pemasangan sarana dan prasarana hingga ornamen khas daerah di terminal baru Bandara Tjilik Riwut, telah mendapat respon dari pihak Angkasa Pura II selaku pengelola.

Meski usulan yang disampaikan Gubernur Sugianto Sabran melalui surat resminya telah disetujui, namun belum diketahui kapan akan mulai direalisasikan, kata Fahrizal di Palangka Raya, Kemarin.

"Semua usulannya sudah diterima, dan sekarang ini tinggal pengaturan tata letaknya saja yang belum. Sekarang masih menunggu unit bidang komersil dari Angkasa Pura II," tambahnya.

Adapun usulan Gubernur Kalteng kepada pihak pengelola Bandara Tjilik Riwut yakni, pemasangan foto Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng pada bagian dalam maupun luar gedung, tersedianya foto dan riwayat berdirinya Kalteng oleh Gubernur pertama Tjilik Riwut.

Kemudian Pemasangan videowaal dan videotrone baik di terminal kedatangan maupun keberangkatan, tersedianya toko ataupun ruang untuk promosi khas-khas daerah Kalteng yang dikelola oleh Dekranasda, Koperasi dan UMKM Pemerintah Provinsi Kalteng.

"Selain itu ada usulan disediakan toilet ramah difabel, dibagian dalam gedung terpasang foto orangutan sebagai promosi daerah wisata Kalteng," kata Fahrizal.

Baca juga: Ini delapan usulan Gubernur terhadap Bandara baru Tjilik Riwut

Dia menyebut Gubernur Kalteng Sugianto Sabran sangat berharap agar berbagai usulan tersebut dapat segera direalisasikan. Setidaknya sebelum peresmian gedung terminal baru Bandara Tjilik Riwut.

Peresmian terminal bandara yang dijadwalkan dilakukan pada 7 Februari 2019 mendatang dilakukan oleh  Presiden RI Joko Widodo. Peresmian bandara ini dilakukan sekaligus peresmian banaran lain yang pengerjaanya selesai pada tahun 2018.

"Tahun 2018 kemarin ada beberapa bandara di daerah lain yang selesai pengerjaannya, dan itu akan diresmikan bersamaan dengan Bandara Tjilik Riwut. Peresmiannya itu di pusatkan di Bandara Tjilik Riwut," demikian Fahrizal.

Baca juga: Terminal baru bandara Tjilik Riwut diharapkan dihiasi ornamen Dayak

Baca juga: Ornamen Dayak di KBN Harus Diperbanyak, kata Ketua DPRD