Terminal baru bandara Tjilik Riwut diharapkan dihiasi ornamen Dayak

id terminal tjilik riwut,disbudpar kalteng, guntur talajan

Terminal baru bandara Tjilik Riwut diharapkan dihiasi ornamen Dayak

Kadisbudpar Kalteng, Guntur Talajan. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Guntur Talajan, mengaharapkan terminal baru Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya dihiasi ornamen dari Suku Dayak Kalteng.

Langkah tersebut, kata Guntur di Palangka Raya, Senin sangat diperlukan sebagai upaya memperkenalkan sekaligus mempromosikan berbagai jenis ornamen Suku Dayak Kalteng kepada orang-orang yang datang ke provinsi ini melalui Bandara Tjilik Riwut.

"Kalau di terminal lama Tjilik Riwut, ornamen Suku Dayak Kalteng kan sudah ada. Jadi, kami ingin di terminal baru yang sedang dalam pembangunan itu juga dihiasi ornamen suku Dayak Kalteng. Biar ada juga ciri khasnya Bandara Tjilik Riwut," ucapnya.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Disbudpar Kalteng telah menyampaikan surat kepada Kepala Bandara Tjilik Riwut. Hal ini dilakukan karena proyek ratusan miliar ini masih dalam proses pengerjaan dan penyerahannya juga belum dilakukan.

Guntur mengatakan Ornamen lokal yang akan menghiasai terminal baru ini akan dipasang mulai dari pintu gerbang hingga di ruang tunggu bandara. Bahkan di dalamnya nanti direncanakan akan dibuat tempat khusus swafoto dengan latar khas Suku Dayak Kalteng.

"Bahkan nanti ada tempat souvenir, kuliner dan lagu khas Suku Dayak Kalteng didengarkan untuk pengunjung. Daerah lain seperti Bali juga melakukan itu, maka kita coba juga menunjukan ciri khas daerah sendiri," ujar dia.

Dia juga mengharapkan dengan terbangunnya terminal baru Bandara Tjilik Riwut ini akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan datang ke Kalteng. Maka dari itu, sebagai upaya menarik minat wisatawan, pemerintah terus melalukan promosi melalaui berbagai event dan kegiatan lainnya.

"Bandara ini adalah salah satu pintu masuk. Banyak masyarakat luar yang akan datang, apalagi ini terminal baru akan operasional. Jadi kita manfaatkan untuk promosi wisata," kata Guntur.