Bandara Tjilik Riwut siagakan posko gabungan jaga kelancaran arus mudik Lebaran

id bandara tjilik riwut, posko gabungan, angkasa pura II, ap II, ardha wulanigara, arus mudik, lebaran 2024, idul fitri 1445 hijriah, palangkaraya, kalim

Bandara Tjilik Riwut siagakan posko gabungan jaga kelancaran arus mudik Lebaran

Pengecekan posko gabungan di Terminal Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Rabu (3/4/2024). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah menyiagakan posko gabungan di area terminal untuk menjaga kenyamanan penumpang sekaligus memastikan kelancaran penerbangan selama periode arus mudik Lebaran 2024.
 
"Posko gabungan ini kami siagakan mulai hari ini, yakni 3-16 April 2024," kata Executive General Manager (EGM) Bandara Tjilik Riwut, Ardha Wulanigara di Palangka Raya, Rabu.
 
Tim gabungan yang terdiri dari personel Angkasa Pura II, TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Basarnas, serta lainnya dilibatkan dan bertugas selama disiagakannya posko tersebut.
 
Ardha menjelaskan, posko gabungan ini di antaranya juga sebagai sarana berbagai informasi yang diperlukan para penumpang, maupun untuk mengantisipasi kendala ataupun hal lainnya yang bisa saja terjadi di lapangan.
 
"Keberadaan posko ini sebagai bagian dari upaya kami untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat pada periode arus mudik Lebaran," jelasnya.

Baca juga: Jelang Lebaran, penumpang Bandara Tjilik Riwut meningkat
 
Selama periode arus mudik Lebaran ini juga, jam operasional Bandara Tjilik Riwut mengalami penambahan jika dibanding hari biasanya. Jika normalnya jam operasional 07-17.30 wib, maka untuk saat ini berubah menjadi 07.00-19.00 wib.
 
Lebih lanjut Ardha menjelaskan, pergerakan penumpang juga diproyeksikan mengalami peningkatan jika dibanding bulan sebelumnya yakni naik 30-40 persen. Adapun pergerakan penumpang bulan lalu atau waktu normal rata-rata sekitar 1.200 penumpang per hari.
 
"Kami perkirakan puncak arus mudik terjadi lima hari jelang Lebaran dengan pergerakan penumpang sekitar 2.600 orang, sedangkan untuk arus balik yakni empat hari setelah Lebaran dengan pergerakan penumpang sekitar 2.200 orang. Per harinya saat ini frekuensi penerbangan antara 14-16 kali," tuturnya.

Baca juga: Pengamanan di Pelabuhan Sampit selama arus mudik lebaran terus ditingkatkan

Baca juga: BMKG terapkan modifikasi cuaca, amankan arus mudik Lebaran

Baca juga: H-11 Lebaran, 768 pemudik bertolak dari Pelabuhan Sampit