Kepala daerah di Kalteng diajak berdayakan Karang Taruna

id Kepala daerah di Kalteng diajak berdayakan Karang Taruna,Didik Mukrianto,Abdul Hafid,Gubernur Kalteng,Sugianto sabran

Kepala daerah di Kalteng diajak berdayakan Karang Taruna

Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna H Didik Mukrianto dan Ketua Karang Taruna Kalteng Abdul Hafid. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Bandar Lampung - (Antaranews Kalteng) - Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna Didik Mukrianto mengajak seluruh bupati dan wali kota di Kalimantan Tengah bersinergi dan memberdayakan Karang Taruna untuk membantu menanggulangi berbagai permasalahan sosial di tengah masyarakat.



"Pemerintah daerah seharusnya bersinergi dengan Karang Taruna karena Karang Taruna bisa membantu dalam banyak hal. Pemerintah tidak akan mampu sendirian dalam menanggulangi permasalahan yang terjadi di masyarakat," kata Didik di Bandar Lampung, Sabtu.



Didik mengapresiasi komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendukung dan bersinergi dengan Karang Taruna. Dampaknya sangat positif karena Karang Taruna bisa berbuat lebih banyak membantu masyarakat dan pemerintah daerah.



Apresiasi itu pula yang membuat Kementerian Sosial bersama Karang Taruna menganugerahkan penghargaan Adhitya Karya Mahatva Yodha Awards tahun 2018 untuk kategori pembina umum terbaik Karang Taruna Provinsi kepada Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran.



Penghargaan itu diserahkan oleh Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Pepen Nazarudin saat acara puncak Bulan Bakti Karang Taruna Nasional yang dilaksanakan di Gedung Sumpah Pemuda Bandar Lampung. Penghargaan yang ditandatangani Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Umum Pengurus Karang Taruna H Didik Mukrianto dan Sekretaris H Deden Sirajudin itu diterima Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah H Nurul Edy karena gubernur berhalangan hadir.



Ada empat gubernur dan dua wakil gubernur yang menerima penghargaan kategori tersebut. Selain Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, gubernur yang juga menerima penghargaan itu yaitu Gabernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun dan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan. Sedangkan dua wakil gubernur yang menerima penghargaan serupa yaitu Wakil Gubernur Aceh dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.



Didik menilai keberadaan Karang Taruna di Kalimantan Tengah makin diterima dan dirasakan manfaatnya oleh pemerintah daerah dan masyarakat. Perkembangan Karang Taruna di Kalimantan Tengah cukup pesat sehingga Pengurus Nasional Karang Taruna merasa sangat perlu memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi.



Didik berharap penghargaan itu bisa memotivasi kepala daerah lainnya untuk meningkatkan sinergi dengan Karang Taruna karena mempunyai tujuan yang sama dalam menanggulangi permasalahan sosial masyarakat. Sementara itu bagi Karang Taruna, ini menjadi momentum evaluasi untuk lebih meningkatkan lagi kontribusi terhadap daerah dan masyarakat.



"Kini makin banyak kepala daerah yang menyadari pentingnya peran Karang Taruna. Sementara itu, Karang Taruna tentu juga harus meningkatkan lagi kinerja dalam menjalankan program untuk membantu masyarakat," kata Didik.



Ketua Karang Taruna Kalimantan Tengah Abdul Hafid mengatakan, menyampaikan harapan serupa. Karang Taruna bisa diberdayakan dalam banyak hal untuk membantu masyarakat, termasuk dalam hal peningkatan ekonomi kerakyatan.



"Kami juga terus mendorong Karang Taruna hingga di tingkat desa untuk meningkatkan peran membantu masyarakat. Dengan sinergi yang bagus antara pemerintah daerah dengan Karang Taruna, kami yakin banyak hal yang bisa dilakukan untuk masyarakat," demikian Hafid.