Karang Taruna Kotim blusukan periksa kesehatan lansia

id Karang Taruna Kotim blusukan periksa kesehatan lansia,Abdul Hafid,Kotim,Kotawaringin Timur,Kalteng

Karang Taruna Kotim blusukan periksa kesehatan lansia

Ketua Karang Taruna Kalteng Abdul Hafid dan aktor Boy Hamzah berbaur bersama warga saat kegiatan sosial pemeriksaan kesehatan gratis oleh Karang Taruna di Kecamatan Baamang, Jumat (1/3/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Karang Taruna Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, blusukan ke kawasan padat penduduk untuk memberikan layanan kesehatan secara gratis, khususnya kepada warga lanjut usia yang kesulitan datang ke fasilitas kesehatan.

"Sambutan masyarakat sangat antusias. Kegiatan ini kami mulai kemarin, ternyata warga di RT lainnya juga minta, makanya hari ini kami lanjutkan. Bahkan sudah ada yang juga meminta dilaksanakan di lokasi lain," kata Ketua Karang Taruna Kecamatan Baamang, Syblunnur di Sampit, Jumat.

Hari ini kegiatan sosial ini dilaksanakan di Jalan Baamang I Kecamatan Baamang. Puluhan warga yang umumnya merupakan lansia, antre untuk memeriksakan kesehatan dan mendapatkan obat. Panitia merupakan pengurus Karang Taruna yang memiliki latar belakang pendidikan bidang kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan gratis ini untuk mendukung program Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dijalankan pemerintah. Turut hadir Kepala Puskesmas Baamang I, Supriadi dan Lurah Baamang Tengah Zikrillah yang sangat mendukung kegiatan ini.

Masyarakat sangat antusias karena kegiatan ini sangat membantu, khususnya bagi para lansia yang selama ini kesulitan memeriksakan kesehatan secara rutin. Masyarakat bahkan berharap kegiatan jemput bola ke lokasi-lokasi padat penduduk ini dilaksanakan secara rutin.

"Kami sangat berterima kasih kepada Karang Taruna karena ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Banyak lansia yang terkadang kesulitan kalau harus datang ke puskesmas, makanya warga sangat antusias dengan kegiatan ini," kata Zikrillah.

Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Hafid sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Hafid juga tampak bersemangat membantu warga yang sedang antre untuk mendapatkan layanan kesehatan.

"Kegiatan seperti ini memang yang kami tekankan untuk dilakukan Karang Taruna di seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Kegiatan ini menyentuh langsung ke masyarakat dan sangat bermanfaat. Saya mengajak Karang Taruna di kabupaten lainnya untuk meningkatkan kegiatan sosial dan ekonomi membantu masyarakat," kata Abdul Hafid.

Hafid mengatakan, kini keberadaan Karang Taruna makin mendapat tempat di hati masyarakat Kalimantan Tengah. Pemuda-pemudi desa pun makin bersemangat untuk berkontribusi terhadap masyarakat dan pembangunan daerah melalui Karang Taruna.

Kegiatan Karang Taruna lebih difokuskan di desa-desa sehingga manfaatnya sangat dirasakan masyarakat. Kegiatan Karang Taruna tidak melulu pada olahraga, tetapi kini lebih ditingkatkan pada bidang sosial dan ekonomi untuk membantu masyarakat.

Sementara itu, kegiatan sosial pemeriksaan kesehatan gratis itu makin meriah karena kebetulan ada aktor Boy Hamzah. Pria yang terkenal dengan perannya sebagai Manusia Harimau namun kini lebih banyak pada kegiatan keagamaan itu disambut antusias masyarakat.