Karang Taruna Kotim didorong perluas peran bantu masyarakat pelosok

id Karang Taruna Kotim didorong perluas peran bantu masyarakat pelosok,Kotawaringin Timur,Abdul Hafid,Karang Taruna

Karang Taruna Kotim didorong perluas peran bantu masyarakat pelosok

Pelaksana Tugas Camat Mentaya Hulu, Sardinin menyampaikan arahan usai melantik penguruh Karang Taruna setempat, Rabu (6/3/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Karang Taruna Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, khususnya di desa-desa hingga ke pelosok, didorong memperluas peran mereka dalam berbagai bidang untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Karang Taruna bisa memperluas peran karena banyak bidang yang membutuhkan keterlibatan Karang Taruna. Keberadaan Karang Taruna akan sangat membantu pemerintah daerah," kata Pelaksana Tugas Camat Mentaya Hulu, Sardinin di Kuala Kuayan, Rabu.

Harapan itu disampaikan Sardinin saat melantik pengurus Karang Taruna Kecamatan Mentaya Hulu yang diketuai Rahmat Fauzi. Pelantikan tersebut turut dihadiri Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Hafid.

Sardinin mengapresiasi terbentuknya pengurus Karang Taruna setempat, apalagi komposisinya terdiri dari kaum muda dari beragam profesi. Karang Taruna diharapkan dapat meningkatkan kontribusi di berbagai bidang yang menyentuh kebutuhan masyarakat.

Dia mengarahkan seluruh kepala desa segera membentuk maupun membenahi Karang Taruna di desa masing-masing. Anggaran desa bisa digunakan untuk mengoptimalkan berbagai bidang dengan memberdayakan Karang Taruna.

Pihak swasta seperti perusahaan besar perkebunan kelapa sawit juga bisa bersinergi dengan Karang Taruna dalam membantu pembangunan desa dan masyarakat. Pihak swasta bisa mendukung dengan mengalokasikan anggaran yang pelaksanaan programnya bekerjasama dengan Karang Taruna.

"Banyak potensi yang bisa dioptimalkan Karang Taruna. Pengurusnya yang berasal dari beragam profesi seperti guru, petugas kesehatan dan lainnya sehingga kegiatan Karang Taruna  bisa diintegrasikan dengan tugas dan fungsi masing-masing seperti pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Kami di kecamatan akan membantu dalam pembinaan kelembagaan," ujar Sardinin.

Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah, Abdul Hafid mengatakan, Karang Taruna harus menjadi pelopor menggerakkan masyarakat, khususnya generasi muda dalam hal kegiatan positif. Kegiatan Karang Taruna justru harus dioptimalkan di desa karena Karang Taruna merupakan organisasi sosial kepemudaan yang berpusat di desa dan kelurahan.

"Karang Taruna harus meningkatkan kontribusi kepada masyarakat dan daerah. Sudah banyak Karang Taruna bekerja sama dengan BUMDes untuk melaksanakan kegiatan ekonomi membantu masyarakat desa," ujar Hafid.

Wakil Sekretaris Karang Taruna Kotawaringin Timur, Masgajalba mengatakan, kegiatan Karang Taruna bukan hanya seputar olahraga dan wisata. Pengurus dan warga Karang Taruna Kotawaringin Timur diimbau meningkatkan peran membantu masyarakat dalam banyak bidang.

"Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lainnya. Begitu juga kegiatan yang kini gencar dilakukan yaitu menggerakkan masyarakat, khususnya generasi muda untuk memerangi narkoba," demikian Masgajalba.