KPU Palangka Raya terima surat suara pemilu

id KPU Palangka Raya,surat suara pemilu, Surat suara untuk Pemilihan Umum 2019 telah tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya

KPU Palangka Raya terima surat suara pemilu

Bongkar Muat Surat suara di Gudang KPU Kota Palangka Raya, Selasa (12/2/19). (ist)

Palangka Raya (ANTARA) - Surat suara untuk Pemilihan Umum 2019 telah tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

"Surat suara tiba di kantor KPU sekitar pukul 05.30 WIB pagi tadi usai dikirim dari pelabuhan Trsakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan," kata Ketua KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah, Selasa.

Menurut dia, kedatangan surat suara itu dari pelabuhan Trisakti diangkut menggunakan dua truk dan satu fuso.

Dia menambahkan, surat suara itu dimuat dalam satuan koli dengan jumlah 1.500 koli. Meski demikian, pihaknya belum mengetahui jumlah pasi surat suara yang diterima tersebut.

"Untuk jumlah pastinya kita belum tahu. Namun jumlah suarat suara yang diajukan sebelumnya sekitar 185 ribu lebih yang terdiri dari DPT ditambah dua persen dari DPT," katanya.

Dia melanjutkan, untuk jumlah pasti surat suara yang diterima akan diketahui ketika sudah dilakukan penyortiran dan pelipatan.

"Kalau selesai disortir baru kita tahu berapa jumlah yang kita terima termasuk di dalamnya jumlah surat suara yang baik dan yang rusak," kata Ngismatul.

Pihaknya pun selanjutnya akan melakukan penyortiran dan pelipatan yang melibatkan lebih dari orang dengan target selesai di akhir Maret.

Di sisi lain, terkait kesiapan KPPS, KPU "Kota Cantik" akan segera melakukan bimbingan teknis guna mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu khususnya saat pemungutan suara hingga tahap penghitungan suara.

"Saat ini masih tahap pembentukan. Rencananya 27 Maret akan dikukuhkan dan sebelum itu akan dilakukan bimbingan teknis," katanya.

Selanjutnya masyarakat di Kota Palangka Raya diajak turut menyukseskan Pemilu 2019 dengan mengunakan hak pilih sesuai hati nurani saat hari pemungutan suara nanti.