E-kinerja Kobar terus menjadi sistem pembelajaran sejumlah pemkab

id kabupaten kotawaringin barat,kobar,e-kinerja kobar,e-kinerja

E-kinerja Kobar terus menjadi sistem pembelajaran sejumlah pemkab

Pemkab Seruyan berikan cenderamata ke Pemkab Kobar saat melakukan kunjungan kaji banding penerapan e-kinerja di Kabupaten Kobar. (foto Diskominfo Kobar).

Pangkalan Bun (ANTARA) - Sistem e-kinerja yang telah diterapkan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, menjadi tempat pembelajaran sejumlah kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah.

Setelah sebelumnya Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, kali ini Seruyan yang datang ke Kobar untuk melihat dan mempelajari langsung seperti apa pelaksanaan sistem e-kinerja.

Rombongan Pemkab Seruyan yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum Agus Suharto pun disambut langsung oleh Pelaksana Tugas (plt) Asisten Administrasi Umum Setda Kobar Aida Lailawati didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informasi, Statistik dan Persandian Rodi Iskandar, serta beberapa pejabat terkait di lingkungan Pemkab Kobar, Selasa.

Aida Lailawati yang mewakili Bupati Kobar mengatakan bahwa dengan adanya Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) melalui aplikasi e-kinerja ini PNS dituntut untuk lebih disiplin karena semua sudah diatur oleh sistem.

"Ada tiga kriteria untuk TPP ini yakni penilaian absensi, mobilitas dan kinerja. Itu nanti yang dihitung dalam TPP. Dan ini juga berpengaruh kalau kita melakukan perjalanan dinas," beber dia.

Lebih lanjut Aida menerangkan bahwa Pemkab Kobar merasa sangat terbantu sekali dengan adanya TPP ini, karena disiplin PNS menjadi meningkat dibanding sebelum ada TPP.

"Untuk anggaran, kami tidak terlalu bermasalah dianggaran. Sebab, anggaran ini diambil nanti dari honor tim, biaya mobilitas, bbm dan sebagainya. Walaupun nambah namun tidak terlalu banyak," kata dia.

Kedepan Pemkab Kobar akan dikunjungi oleh Pemkab Barito Timur, Pemkab Katingan dan Pemkab Pulang Pisau dalam rangka yang sama yakni kaji banding penerapan e-kinerja.

Walaupun Pemkab Kobar agak kesulitan mengatur jadwal kunjung dari daerah lain, tetapi sebagai kabupaten di Kalimantan Tengah yang pertama kali mempelopori e-kinerja ini, Pemkab Kobar akan menerima dan menyambut hangat setiap kunjungan yang datang. Karena semakin banyak kunjungan maka akan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kobar.

"Saya dengar informasi ada dari Barito Timur, Pulang Pisau dan Katingan juga akan datang. Siap-sap aja. Kita sudah sering menerima kunjungan Pemkab yang lain. Beberapa waktu lalu dari Pemkab Barito Selatan yang dipimpin oleh Wakil Bupatinya langsung dengan tim yang lengkap," kata Aida.

Berdasarkan data Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kobar bahwa sementara ini baru Pemkab Barito Selatan yang langsung meminta pendampingan dengan Pemkab Kobar terkait Penerapan e-kinerja.

Pemkab Kobar pun telah mengunjungi Kabupaten Barito Selatan yang secara langsung meminta pendampingan penerapan e-kinerja ini. Sedangkan untuk Kabupaten Lamandau yang juga kaji banding ke Kabupaten Kobar beberapa waktu yang lalu lebih memilih ke Kabupaten Banyuwangi langsung.

"Kalau dari Pemkab Kobar tidak ada pemaksaan terserah mana yang mau diambil, mau lewat Kobar ataupun Banyuwangi," demikian Aida.

Setelah mendengarkan paparan dari beberapa pejabat di Pemkab Kobar terkait e-kinerja, Pemkab Seruyan bertandang langsung ke dinas-dinas terkait yang mengurusi e-kinerja secara langsung mulai dari BKPP, Dinas Kominfo Statistik dan Persandian hingga BPKAD.