Pabrik BMW tak dikenakan tarif pajak karena gunakan transmisi buatan lokal

id BMW,Pabrik BMW tak dikenakan tarif pajak karena gunakan transmisi buatan lokal

Pabrik BMW tak dikenakan tarif pajak karena gunakan transmisi buatan lokal

Logo dan kunci BMW. (ANTARA News/flickr)

Jakarta (ANTARA) - Manufaktur otomotif Jeman, BMW kemungkinan tidak dikenakan tarif pajak oleh pemerintah Amerika Serikat, karena memproduksi dan mengekspor SUV X3 hingga X5 dari pabrik Spartanburg di South Carolina, AS, yang menggunakan komponen transmisi lokal.

BMW juga dikabarkan memesan gearbox dari AS. Perusahaan transmisi ZF mengatakan pesanan BMW untuk transmisi otomatis delapan kecepatan bernilai "sedikitnya 10 miliar euro".

Transmisi otomatis delapan kecepatan ZF sudah diproduksi sejak 2009. Saat ini, sistem transmisi sudah ditingkatkan dengan teknologi listrik dengan hibrida, kemungkinan akan digunakan pada model X3 dan X5.

"Kemenangan bisnis ini adalah urutan tunggal terbesar dalam sejarah ZF," kata CEO ZF Wolf-Henning Scheider, dilansir Carbuzz.

Kesepakatan itu, menurut rencana, akan berjalan selama beberapa tahun ke depan dengan tenggat produksi pada 2022 di pabrik ZF di Saarbrucken, AS dan China.

ZF sudah memiliki pabrik di Carolina Selatan yang berjarak kurang dari 30 mil dari fasilitas pabrik BMW, sehingga memudahkan untuk merakit kendaraan utuh di AS.