Masuk peringkat enam, Mensos ajak warga perangi narkoba

id Mensos ajak warga perangi narkoba,narkoba,Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita

Masuk peringkat enam, Mensos ajak warga perangi narkoba

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (dua dari kiri) pada sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, Senin (8/4/2019). (ANTARA/Desi Purnamawati)

Tangerang (ANTARA) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak warga Provinsi Banten untuk memerangi narkoba karena jumlah penyalahguna narkoba di provinsi itu menduduki peringkat ke enam terbesar di Indonesia.

"Secara statistik di Provinsi Banten ada sekitar 170 ribu pecandu narkoba. Banten menempati posisi ke enam terbesar dari jumlah pecandu di Indonesia, maka perlu sebuah gerakan kita bersama untuk memerangi narkoba," kata Mensos di Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Senin.

Lebih lanjut Mensos mengatakan,  setiap tahun negara dirugikan hingga Rp70 triliun akibat penyalahgunaan narkoba.

"Coba kita bayangkan kalau uang sebesar itu kita gunakan untuk hal yang produktif," katanya.

Selain menimbulkan kerugian, penyalahgunaan narkoba juga bisa mempermudah penyebaran penyakit seperti HIV, TBC dan Hepatitis.

"Maka saya ajak agar kita bahu membahu memerangi narkoba agar kita memberikan kontribusi dalam perlindungan generasi bangsa," tambah Agus.

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengatakan, pemerintah daerah sudah membentuk banyak sekali duta anti narkoba di tingkat SMP dan SMA SMK dan pondok pesantren.

"Jadi program Kemensos sangat erat kaitannya dengan Pemda dimana pondok pesantren yang notabene pendidikan agama lebih tinggi dari pendidikan formal lainnya bisa menjadi garda terdepan sebagai kader-kader anti narkoba di daerahnya masing-masing," kata Zaki.

Menteri Sosial bersama rombongan melakukan kunjungan kerja di Yayasan Pondok Pesantren Riyadlul Jannah di Kabupaten Tangerang, Banten dalam rangka peningkatan peran keluarga dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.