Cincau obati panas dalam, mitos atau fakta?

id Cincau,panas dalam,Cincau obati panas dalam mitos atau fakta

Cincau Hitam (FOTO ANTARA/Viki Payoka)

Palangka Raya (ANTARA) - Dikarenakan belum ada penelitian khusus yang membuktikan salah satu manfaat cincau sebagai obat alami untuk panas dalam, sebaiknya cari alternatif lainnya. Selain tentunya dengan obat dari dokter, Anda juga bisa meredakan panas dalam dengan berbagai cara alami seperti:
Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu melegakan tenggorokan yang gatal akibat panas dalam. Pasalnya, garam mampu membantu mengeluarkan lendir dari jaringan yang bengkak dan meradang.

Anda cukup mencampurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan segelas air hangat. Kemudian, aduk hingga garam larut dalam air.

Setelah itu, berkumurlah dengan larutan garam selama beberapa detik. Anda bisa melakukannya 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Teh chamomile
Teh chamomile menjadi salah satu teh herbal yang dikenal bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Penelitian yang diterbitkan dalam Molecular Medicine Reports menunjukkan bukti bahwa teh chamomile membantu melumasi tenggorokan.

Teh yang satu ini juga memiliki sifat antiradang untuk mengurangi pembengkakan, antioksidan untuk memperbaiki sel rusak, dan antispasmodik untuk mengurangi batuk.
Minum banyak air

Manfaat cincau untuk panas dalam memang belum terbukti. Lain halnya dengan minum banyak air yang sudah terbukti efektif. Minum cukup air membantu memproduksi liur dan lendir dalam jumlah yang cukup untuk melumasi tenggorokan.

Untuk itu, minumlah air dalam jumlah cukup agar membuat tenggorokan terhidrasi dengan baik sehingga pembengkakan dan peradangan bisa berkurang. Dengan begitu, masalah di tenggorokan dapat teratasi dengan baik. Air putih, kuah sup, dan teh bisa menjadi alternatif cairan untuk membantu meredakan panas dalam.

Menghirup uap hangat
Menghirup uap hangat membantu mengurangi pembengkakan dan meringankan sakit tenggorokan. Anda hanya perlu menyediakan baskom berisi air panas kemudian hirup uapnya secara perlahan.

Agar uap yang dihasilkan bisa terhirup dengan maksimal, tutupi kepala Anda dengan handuk sambil wajah menghadap ke baskom. Tarik napas dalam-dalam kemudian embuskan secara perlahan. Ulangi cara ini hingga Anda merasa lebih baik.

Meski manfaat cincau untuk panas dalam belum bisa dibuktikan secara ilmiah, tentu tidak ada larangan memakannya. Anda tetap bisa kok mendapatkan manfaat lain dari cincau yang bagus untuk kesehatan.

sumber:hellosehat

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar