Irigasi memadai, masyarakat Tumbang Nusa berharap program cetak sawah

id dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,anggota dprd kalteng,reses perseorangan,Silvanus Sea

Irigasi memadai, masyarakat Tumbang Nusa berharap program cetak sawah

Anggota DPRD Kalteng Silvanus Sea saat diwawancarai wartawan, kemarin. (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah Silvanus Sea menyebut masyarakat di Desa Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau berharap program cetak sawah baru, karena irigasi yang dibangun pemerintah sudah sangat memadai.

Cetak sawah baru tersebut sebagai upaya memberikan alternatif lain penghasilan masyarakat Desa Tumbang Nusa yang sekarang ini mayoritas di bidang perikanan, kata Silvanus di Palangka Raya, Selasa.

"Potensi perikanan di Tumbang Nusa memang cukup besar, tapi persawahan ternyata juga bagus setelah adanya irigasi yang dibangun pemerintah. Itu lah kenapa masyarakat setempat mengharapkan cetak sawah baru," tambahnya.

Selain cetak sawah baru, masyarakat Desa Tumbang Nusa juga mengharapkan adanya pengerasan jalan menuju trans Kalimantan Poros Selatan. Sebab, kondisi jalannya sampai sekarang ini masih tanah, sehingga saat musim hujan susah dilalui karena berlumpur.

Anggota Komisi D DPRD Kalteng yang membidangi infrastruktur itu mengatakan, perbaikan jalan menuju Desa Tumbang Nusa itu sangat penting karena mempermudah masyarakat setempat menjual produksi ikannya.

Baca juga: DPRD Kalteng ajari mahasiswa UMP ilmu komunikasi dan politik

"Ikan dari Tumbang Nusa memang dijual sampai ke Kabupaten Kapuas dan Provinsi Kalimantan Selatan. Jadi, saat musim hujan kebanyakan pick up sulit masuk karena licin dan berlumpur," beber Silvanus.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu mengaku, permintaan terkait cetak sawah baru dan perbaikan jalan tersebut diterima saat melakukan reses perseorangan beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, ada banyak lagi aspirasi masyarakat yang disampaikan saat reses perseorangan. Namun, yang paling dominan dan mendesak adalah masalah cetak sawah dan perbaikan jalan sekaligus wewenang Pemerintah Provinsi Kalteng.

"Saya akan sampaikan ke Pemerintah Provinsi Kalteng agar apa yang menjadi aspirasi masyarakat Desa Tumbang Nusa itu bisa diperhatikan," demikian Silvanus.

Baca juga: Pemprov harus ikut membantu petani pisang di Seruyan

Baca juga: Disdik Kalteng diminta bangun ruang kelas baru di SMK 1 Sematu Jaya