UMP akan fasilitasi pendirian perguruan tinggi setiap kabupaten se-Kalteng

id Rektor UMP

UMP akan fasilitasi pendirian perguruan tinggi setiap kabupaten se-Kalteng

Rektor UM Palangkaraya periode 2019-2022, Dr Sonedi (dua kanan) saat menerima berkas dari Rektor Um Palangkaraya periode sebelumnya, Dr Bulkani (pertama kanan) di aula universitas setempat di Palangka Raya, Sabtu (12/1/19). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika) .

Palangka Raya (ANTARA) - Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) Dr. Sonedi, M.Pd menetapkan program untuk menginisiasi dan memfasilitasi pendirian perguruan tinggi di setiap daerah pada 14 kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Tengah.

“UMP sebagai perguruan tinggi swasta terbesar di Kalteng merasa perlu untuk menginisiasi dan memfasilitasi pendirian perguruan tinggi di setiap kabupaten agar bisa menjadi mitra pemerintah kabupaten/kota dalam merumuskan kebijakan dan menyusun program strategis di daerah masing-masing,” katanya saat ditemui di kampus 1 UMP di Palangka Raya, Jumat.

Rektor UMP Dr.Sonedi yang juga Sekretaris Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Kalimantan Tengah itu berpendapat, keberadaan perguruan tinggi di setiap daerah di Kalteng merupakan kebutuhan dalam penguatan kafasiltas kelembagaan pemerintah kabupaten/kota dalam hubungan dengan tugas dan fungsi pemenuhan hak-hak warga negara.

Keberadaan perguruan tinggi yang di dalamnya terdapat para peneliti baik dosen maupun mahasiswa, dapat berkontribusi dalam identifikasi dan kajian-kajian mengurai masalah pembangunan dan kemasyarakatan yang kompleks dan membutuhkan kebijakan yang tepat oleh kepala daerah.

Fungsi strategis dari pendirian perguruan tinggi di setiap kabupaten/kota se-Kalteng yaitu untuk menyiapkan sumber daya manusia berdaya saing dan pemerataan kesempatan warga untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi.

“Tidak semua keluarga bisa mengirimkan anak-anak mereka untuk masuk perguruan tinggi di luar daerah, selain butuh biaya cukup besar. Tapi kalau ada kampus di kabupaten setempat maka bisa kuliah dan tetap tinggal di rumah bersama keluarga,” kata Sonedi yang mengaku juga berasal dari keluarga yang tinggal di daerah pedalaman di Kalteng yang serba dalam keterbatasan.

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya saat ini memiliki tujuh fakultas program strata satu (S1) dan satu program pasacasarjana atau strata dua (S2) .

Ke-7 Fakultas yang dimiliki UMP saat ini terakreditasi B, yaitu Fisipol dengan program studi S1 Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi dan program studi S2 Magister Administrasi Publik yang sedang berbenah dalam upaya memenuhi ketentuan standar BAN-PT agar dapat terakreditasi Unggul A yang merupakan kebanggaan sebuah kampus.

Fakultas lainnya FKIP, Fak Kesehatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam. Saat ini juga sedang dilakukan proses persiapan pengusulan Prodi baru yaitu S1 Ilmu Ekonomi dan Ilmu Hukum di bawah Fisipol, Prodi S1 Farmasi, Psikologi, dan Prodi Ilmu Kedokteran.