Ikiawan dorong peningkatan partisipasi perempuan dalam pembangunan di Bartim

id Ikatan Istri Anggota Dewan,ikiawan bartim,dprd bartim,Mercy Broelalano,ariantho s muller,wakil ketua dprd bartim,partisipasi perempuan dalam pembangun

Ikiawan dorong peningkatan partisipasi perempuan dalam pembangunan di Bartim

Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Ariantho S Muler disuapi nasi tumpeng oleh istrinya saat perayaan Ikiawan dan Hari Kartini, Tamiang Layang, Selasa. (30/4/2019) (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Ketua Ikatan Istri Anggota Dewan (Ikiawan) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah Mercy Broelalano menegaskan, pihaknya terus mendorong peningkatan partisipasi perempuan dalam pembangunan, baik di tingkat daerah maupun nasional.

"Bersama-sama kita tingkatkan partisipasi perempuan dalam pembangunan, mulai dari pelosok perdesaan hingga wilayah perkotaan secara merata," katanya disela kegiatan perayaan Hari Kartini di Tamiang Layang, Selasa.

Menurut istri Ketua DPRD Bartim itu, perempuan hendaknya memaknai peringatan hari Kartini dengan meneladani sosok Kartini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di masa kini.

Kartini merupakan sosok panutan bagi kaum hawa sekaligus pelopor pejuang nasib perempuan, sehingga derajatnya kini tak lagi direndahkan oleh laki-laki.

Hasil dari perjuangannya pada akhirnya berhasil melahirkan sejumlah kebijakan di masa kini, diantaranya kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam menuntut ilmu maupun pekerjaan. Karena itu, apa yang dilakukan Kartini wajib ditiru dan diteladani.

Wakil Ketua I DPRD Bartim Ariantho S Muller menilai, Ikiawan Bartim sudah banyak memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan di daerah. Salah satu hal yang paling nyata, Ikiawan telah memberikan bantuan berupa dukungan kepada suaminya yang bekerja sebagai wakil rakyat.

"Kami ingin Ikiawan Bartim terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mencerminkan hal positif bagi DPRD. Hingga pada akhirnya mendapat tanggapan positif dari publik," jelasnya.

Ikiawan juga diharapkan mampu melaksanakan berbagai kegiatan yang berpihak kepada kepentingan masyarakat secara luas. Melalui sosialisasi di bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah yang membidangi.

Ariantho juga memuji lima anggota DPRD Bartim periode 2014-2019 yang tidak maju lagi pada periode 2019-2024. Kelima anggota dewan itu yakni Gomelson Lazarus Bayan, Anton Kusdarmanto, Latifah, Juhriansyah dan Fristio.

"Publik harus mengetahui, segenap unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD sudah bekerja maksimal menjalankan tugasnya, untuk memperjuangkan serta mewujudkan berbagai aspirasi masyarakat dalam pembangunan," tegasnya.