Barito Utara siapkan 50 lapak pasar wadai gratis selama Ramadhan

id pasar wadai muara teweh,pasar wadai ramadhan,waterfront city,bupati nadalsyah

Barito Utara siapkan 50 lapak pasar wadai gratis selama Ramadhan

Pekerja memasang tenda untuk tempat berjualan para pedagang kue khas aneka makanan dan lainnya selama ramadhan di kawasan Waterfront City Jalan Panglima Batur Muara Teweh, Sabtu. (FOTO ANTARA/Kasriadi)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menyiapkan 50 stan gratis bagi para pedagang musiman yang menjual aneka makanan kue khas atau "wadai", ikan dan sayur masak selama bulan Ramadhan 1440 Hijriah di daerah tersebut.

"Stan (lapak) di pasar 'wadai' (kue)  diberikan secara gratis kepada pedagang. Ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada pedagang saat bulan puasa," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara H Hajrannor di Muara Teweh, Sabtu.

Pasar wadai yang stannya disediakan di kawasan waterfront city di Jalan Panglima Batur Muara Teweh itu akan dibuka Bupati Barito Utara H Nadalsyah pada Senin (6/5). Bagi pedagang yang ingin mendapat tempat berjualan di pasar Ramadhan tersebut diharapkan mendaftar kepada panitia. Pedagang boleh langsung mendatangani panitia pasar Ramadhan bila ingin mendapat tempat menjual kue.

"Para pedagang pasar kuliner Ramadhan tahun ini yang sudah terdaftar pada panitia harus menyediakan meja sendiri untuk berjualan. Panitia hanya menyediakan stannya dan untuk mengantisipasi membludaknya peserta maka panitia menambah sejumlah stan cadangan," katanya.

Ia mengatakan, sudah puluhan pedagang "musiman" mendaftar di panitia. Mereka akan menjual aneka makanan ringan untuk bahan buka puasa masyarakat muslim daerah tersebut. Para pedagang diharapkan menjaga kebersihan dan ketertiban di lokasi pasar Ramadhan, sehingga sepanjang bulan suci ini mendapat berkah dari Allah SWT, katanya.

Selain pasar ramadhan, kata dia, pihaknya juga membuka pasar murah bertepatan dengan awal puasa Ramadhan dan menjual ratusan paket sembako di sejumlah kecamatan.

"Paket sembako ini dimaksudkan untuk membantu warga kurang mampu. Caranya melalui pembagian kupon yang akan disebar di dua kelurahan, yakni Kelurahan Lanjas dan Melayu serta kecamatan lainnya," ujar Hajrannor.