PUPR Kalteng siapkan posko Lebaran Berkah jelang arus mudik

id Provinsi Kalimantan Tengah,Kalteng,PUPR Kalteng,Kepala Dinas PUPR Kalteng,Shalahuddin

PUPR Kalteng siapkan posko Lebaran Berkah jelang arus mudik

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri (tengah) dan Kepala Dinas PUPR Kalteng Shalahudin (kiri sekda) mendengarkan tausyiah saat buka puasa bersama di komplek perkantoran PUPR Kalteng, Jumat (18/5/2019). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Tengah Shalahuddin menyebut, pihaknya telah menyiapkan posko Lebaran Berkah sebagai upaya memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat yang akan mudik di lebaran tahun ini.

Posko Lebaran Berkah itu bertugas memantau seluruh kegiatan Pejabat Pelaksana Teknis (PPTK) Dinas PUPR menyiapkan infrastruktur jalan dalam kondisi baik, kata Shalahudin usai buka puasa bersama di kantor Dinas PUPR Kalteng, Jumat sore.

"PPTK harus bisa menjamin bahwa H-7 dan H+7 lebaran, seluruh infrastruktur jalan, khususnya yang sering mengalami kerusakan, harus sudah dalam kondisi baik dan lancar," tegas dia.

Adapun kondisi jalan menjadi perhatian khusus dan serius Dinas PUPR Kalteng selama arus mudik maupun balik yakni Pangkoh-Bahaur, Pelantaran-Parenggean, Pangkalan Bun-Kolam, Sampit-Samuda hingga ujung Pandaran, serta sejumlah jalan kabupaten yang turut dibantu oleh Pemerintah Provinsi.

Shalahudin mengatakan selain enam titik yang menjadi perhatian khusus tersebut, sejumlah jalan dengan kondisi sudah sangat baik tetap diperhatikan. Sebab, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran telah memerintahkan agar tidak ada masalah selama arus mudik maupun balik.

Baca juga: Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama dibuka selama lebaran

"Jadi, kami selaku satuan organisasi perangkat daerah (OPD) terus bergerak dan berupaya keras memenuhi keinginan bapak Gubernur Sugianto Sabran itu," ucapnya.

Terkait buka puasa bersama yang dilaksanakan PUPR Kalteng, dia membenarkan bahwa pihaknya ada memberikan tali asih dan paket lebaran kepada anak panti asuhan, purna bakti Dinas PUPR Kalteng, serta sejumlah pihak lainnya.

Dia mengatakan bahwa buka puasa yang rutin dilaksanakan keluarga besar Dinas PUPR Kalteng setiap tahun ini bertujuan, meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah Subhanahu Wa Ta'ala, menjalin silaturahmi, memupuk ukhuwah islamiyah, serta terus menjaga dan meningkatkan keberagaman.

"Pelaksanaan Buka puasa ini turut dipersiapkan dan diikuti oleh keluarga besar Dinas PUPR Kalteng yang beragama lain. Kami ingin persatuan dan kebhinekaan di Kalteng terus berjalan dengan baik, bahkan meningkat," demikian Shalahuddin.

Baca juga: Sejumlah posko disiapkan dukung kelancaran arus mudik Lebaran di Kalteng