FKHM minta mahasiswa di Kalteng tidak terprovokasi

id Mahasiswa, pemilu serentak tahun 2019, kalimantan tengah, kalteng, palangka raya, forum komunikasi himpunan mahasiswa, pemilu presiden dan legislatif

FKHM minta mahasiswa di Kalteng tidak terprovokasi

Ketua FKHM se-Kalteng Muhammad Alfansuri. (Foto Istimewa)

Palangka Raya (ANTARA) - Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa (FKHM) se-Kalimantan Tengah, meminta agar seluruh mahasiswa yang tersebar di kabupaten dan kota tidak terprovokasi dengan berbagai isu negatif pasca pemilu serentak tahun 2019.

"Kita sebagai mahasiswa harus berperan secara aktif dalam upaya menjaga stabilitas keamanan negara, khususnya di daerah ataupun lingkungan sekitar," kata Ketua FKHM se-Kalteng Muhammad Alfansuri di Palangka Raya, Selasa.

Alfansuri mengajak seluruh mahasiswa di Kalteng bersikap bijak dan cermat terhadap berbagai isu negatif yang beredar. Jangan sampai terpancing oleh isu negatif itu, hingga pada akhirnya melakukan tindakan yang dapat merugikan banyak pihak.

Mahasiswa seharusnya bisa menjadi contoh nyata bagi pihak lainnya, untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Terlebih selama ini suasana di Kalteng sangatlah aman dan nyaman, baik sebelum, saat pelaksanaan maupun sesudah pemilu.

"Jangan sampai isu negatif maupun hoaks yang kerap beredar usai pemilu legislatif dan presiden, mengganggu ketenteraman kita di Kalteng," tegasnya.

Setiap informasi yang diterima, seharusnya dipastikan terlebih dulu sumber asalnya dan dipastikan apakah bisa dipertanggungjawabkan ataukah tidak.

Jika hal itu sulit dilakukan dan ditemukan banyak kejanggalan dan keraguan, tentu informasi itu tidaklah benar dan kemungkinan besar sengaja dibuat oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Menurutnya kondisi saat ini merupakan momentum yang tepat bagi masyarakat, untuk menunjukkan Kalteng sangatlah aman, nyaman dan damai. Hingga akhirnya diketahui oleh berbagai pihak di seluruh wilayah Indonesia dan menjadi contoh yang baik bagi daerah lain.

"Buatlah semua pihak dimana pun mereka berada, menjadi tahu bagaimana kondisi di Kalteng yang begitu aman dan nyaman ini. Bersama-sama kita jadikan Kalteng sebagai contoh bagi daerah lain," tegasnya.

Apapun hasil dari pemilu legislatif dan presiden, jika semuanya telah melalui tahapan yang benar sesuai aturan yang berlaku, maka semua pihak harus menerima dan menghormatinya.

Alfansuri mengajak semua pihak, untuk saling bantu dan mendoakan, agar para wakil rakyat dan pemimpin terpilih bisa menjalankan tugasnya dengan baik, hingga akhirnya membuat Indonesia semakin maju dan berkembang.