DPRD Seruyan dorong peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan

id Dprd seruyan, legislatif, legislator, bambang yantoko, kebersihan tempat umum, pasar, kuala pembuang, germas, hidup bersih dan sehat

DPRD Seruyan dorong peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan

Anggota DPRD Seruyan Bambang Yantoko. (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kalangan DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mendorong peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan, khususnya sejumlah fasilitas umum yang telah dibangun pemerintah daerah.

"Salah satunya adalah kebersihan Pasar Sayur Ikan (Saik) Kuala Pembuang," kata Anggota DPRD Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, Kamis.

Hal itu penting dilakukan, mengingat apabila pasar tersebut bersih maka akan memberikan rasa nyaman kepada semua pihak saat ingin berbelanja.

Selain itu jika ada masyarakat yang berasal dari luar daerah datang berkunjung dan berbelanja disana, tentu kondisi kebersihan pasar akan menjadi penilaian awal bagi mereka.

"Kalau pasarnya bersih maka semua pihak akan merasa nyaman, termasuk para pendatang. Hendaknya hal ini menjadi perhatian kita bersama," tuturnya.

Pasar Saik merupakan salah satu pasar utama bagi warga Kuala Pembuang dan sekitarnya, untuk berbelanja kebutuhan dapur, sehingga setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh pembeli.

Namun utamanya ia mengingatkan kepada pedagang dan petugas kebersihan, agar bisa menjaga kebersihan pasar dengan baik. Bagi pedagang, dengan membuang sampah dari segala aktivitasnya ke tempat yang seharusnya.

"Kemudian bagi petugas kebersihan, diharapkan bisa bekerja secara maksimal dengan melaksanakan seluruh kewajibannya," jelasnya.

Bambang menyebut, pentingnya menjaga kebersihan pasar bukan hanya demi kenyamanan semata, namun juga untuk menjauhkan diri dari berbagai jenis penyakit.

Kemudian ia juga mengimbau, agar warga tidak ada lagi yang membuang sampah di sungai. Sebab hal itu akan berdampak negatif bagi kondisi lingkungan.