Pemkab Pulang Pisau dorong pengembangan inovasi desa

id Pemkab Pulang Pisau dorong pengembangan inovasi desa,Bupati pulang pisau,Edy pratowo,Inovasi desa,Pulang pisau

Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo melihat produk olahan masyarakat Kecamatan Kahayan Hilir dan Jabiren Raya yang memiliki nilai ekonomis untuk dikembangkan. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah H Edy Pratowo meminta masyarakat dan pemerintah desa terus mengembangkan potensi, khususnya melalui bursa inovasi desa yang dilakukan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes).

“Bursa inovasi desa ini pada intinya adalah untuk memunculkan ide dan gagasan agar bisa tergali semua potensi yang ada di desa untuk dikembangkan,” kata Edy Pratowo di Pulang Pisau, Jumat.

Bursa inovasi desa bisa diarahkan menggali potensi untuk menggali dan mengembangkan potensi produk unggulan desa menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

Dalam bursa inovasi desa yang kedua untuk Kecamatan Kahayan Hiilir dan Kecamatan Jabiren Raya, Edy Pratowo mengatakan bursa inovasi desa juga dinilai sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dalam pengembangan rencana dan pelaksanaan pembangunan di desa. 

Bursa inovasi desa dilaksanakan berkelanjutan di kecamatan. Sebelumnya, bursa inovasi desa digelar untuk Kecamatan Maliku dan Pandih Batu.

Menurut Edy, sekarang ini yang menjadi perhatian pemerintah setempat adalah bagaimana pelaksanaan pembangunan di desa dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing. 

Selain itu, pemerintah desa juga diharapkan lebih fokus dalam pengembangan bidang ekonomi lokal dan kewirausahaan karena dampaknya sangat besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Inovasi dan penggalian potensi yang ada di desa bisa dijadikan sebuah produk unggulan dan mengangkat ekonomi masyarakat setempat. Masyarakat bisa didorong untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk dijadikan produk bernilai ekonomi tinggi.

Melalui bursa inovasi desa ini, terang Edy Pratowo, pemanfaatan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan masyarakat desa menjadi lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa. 

"Sudah saatnya bagi desa bisa berdikari, berkreasi dan berinovasi dengan memanfaatkan semua potensi yang dimiliki," harap Edy.

Satu hal penting, kata Edy Pratowo, yakni bagaimana tindak lanjut dari hasil bursa inovasi desa bisa mendorong kemandirian untuk bisa berinovasi mengangkat potensi desanya. Saat ini pemerintah desa dengan anggaran besar yang dimiliki dituntut untuk bisa berbuat agar tidak tertinggal dari desa-desa lainnya. 

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar