Ini tujuan verifikasi kepengurusan organisasi kepemudaan di Kalteng

id Ini tujuan verifikasi kepengurusan organisasi kepemudaan di Kalteng,KNPI,Kalteng,Rahmat Handoko,Sampit,OKP

Ini tujuan verifikasi kepengurusan organisasi kepemudaan di Kalteng

Ketua KNPI Kalteng Rahmat Handoko (tengah) menyerahkan buku kepada Ketua KNPI Kotawaringin Timur Endra Rosana saat Musda XIV di Sampit, Minggu (30/6/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kalimantan Tengah Rahmad Handoko mengatakan, verifikasi organisasi kepemudaan atau OKP yang dilaksanakan saat ini menjadi sebuah keharusan untuk optimalisasi dan meningkatkan kontribusi pemuda melalui organisasi.

"Masa ada OKP yang berpuluh tahun tidak ganti ketuanya? Setahu saya masa jabatan satu periode yang paling lama itu hanya jabatan kepala desa yaitu enam tahun," kata Handoko saat membuka Musyawarah Daerah XIV DPD KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur di Sampit, Minggu.

Handoko mendukung verifikasi yang dilakukan KNPI Kotawaringin Timur terhadap organisasi kepemudaan yang bernaung di bawah KNPI. Hal itu sudah sesuai aturan dan sudah seharusnya dilakukan, bukan hanya karena pelaksanaan musyawarah daerah.

Verifikasi organisasi kepemudaan untuk merapikan organisasi karena ada aturan yang harus dipatuhi. Verifikasi juga untuk memastikan regenerasi kepemimpinan berjalan baik.

Untuk di Kotawaringin Timur, bagi organisasi kepemudaan yang kepengurusannya tidak aktif, diharapkan dilakukan pembinaan dan diberi waktu selama satu periode untuk melakukan perbaikan sehingga organisasinya kembali berjalan dengan baik.

Handoko juga mendorong KNPI di seluruh daerah untuk melakukan terobosan dan pendekatan agar KNPI kembali menjadi daya tarik bagi generasi muda. Langkah itu juga untuk kembali menggelorakan semangat generasi muda untuk kembali aktif berorganisasi.

Dia mengajak seluruh organisasi kepemudaan merapatkan barisan dan bersatu sehingga banyak hal yang bisa dilakukan bersama untuk berkontribusi terhadap daerah, bangsa dan negara. Jika terus bergerombol tanpa terorganisasi dengan baik maka akan sulit bagi organisasi kepemudaan untuk berkontribusi.

Terkait pemilihan Ketua KNPI Kotawaringin Timur, Handoko yakin figur yang maju adalah orang-orang pilihan. Dia berharap siapapun yang terpilih nantinya bisa memajukan KNPI dan meningkatkan peran organisasi ini di tengah masyarakat.

"Saat ini tensi hangat, tapi jangan hanya hangat saat ingin menjadi ketua, setelah terpilih malah berkurang. Harus tetap hangat saat menjalankan program kerja, komunikasi dan lainnya," tegas Handoko.

Ketua KNPI KotawaringinTimur Endra Rosana mengatakan, musyawarah daerah diikuti 27 organisasi kepemudaan dan 17 peninjau. Organisasi kepemudaan tersebut merupakan hasil verifikasi yang dilakukan oleh tim belum lama ini.

"Kami memohon maaf kepada para senior yang OKP tidak ada pergerakan. Verifikasi dilakukan sesuai AD/ART organisasi kita. Pro dan kontra adalah hal wajar. Kritikan membangun selalu kami sambut baik," kata Endra.

Endra berterima kasih atas dukungan dan memohon maaf atas kekurangan selama ini. Dia berterima kasih kepada pemerintah daerah yang selama ini telah mendukung, khususnya dalam hal anggaran.

Siapapun yang terpilih harus didukung untuk memimpin KNPI untuk periode berikutnya. KNPI selalu berupaya untuk menjadi laboratorium kader terbaik pada semua bidang seperti politik dan ekonomi.

"Kita juga harus mengikuti kemajuan teknologi. Digital sarana menunjukkan eksistensi kepemudaan dan terus berkontribusi. Beginilah kalangan milenial yang saat ini memegang peran penting dalam semua bidang," demikian Endra.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar