Dampak buruk terlalu sering minum air dingin

id air dingin,minum air dingin,air es,Dampak buruk terlalu sering minum air dingin

Dampak buruk terlalu sering minum air dingin

Ilustrasi Minum (pixabay.com)

Palangka Raya (ANTARA) - Walaupun dapat mengembalikan cairan tubuh saat dehidrasi, air dingin juga menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan Anda. Apalagi jika Anda meminumnya terlalu banyak.

Sebaiknya, perhatikanlah suhu air yang Anda minum. Air yang terlalu dingin bisa-bisa menyakiti gusi Anda atau sistem pencernaan. Oleh karena itu, usahakan untuk meminum air dengan suhu yang sama dengan ruangan Anda.

Agar bisa lebih waspada terhadap dampak buruk yang ditimbulkan oleh air dingin, ini dia beberapa risiko yang muncul.

Baca juga: Kenali penyebab sakit kepala setelah keramas

1. Sistem pencernaan memburuk
Seperti yang dilansir dari NDTV Food, air dingin membuat kontraksi pada pembuluh darah Anda. Kontraksi tersebut ternyata berpengaruh besar terhadap proses pencernaan ketika menyerap nutrisi.

Saat mengonsumsi air dingin, fokus tubuh berubah, yaitu menormalkan kembali suhu tubuh Anda. Normalnya, tubuh Anda memiliki suhu 37°C.

Ketika meminum air dengan suhu yang lebih rendah, tubuh membutuhkan energi ekstra untuk mengembalikan suhu tubuh Anda.

Oleh karena itu, ketika Anda minum air dingin, proses pencernaan akan tidak maksimal dalam penyerapan vitamin dan nutrisi.

Baca juga: Tips mandi air dingin terasa hangat di badan

2. Menurunkan detak jantung
Selain tidak baik untuk pencernaan Anda, minum air dingin juga bisa menurunkan detak jantung. Setelah Anda meminum air dingin, hal tersebut dapat merangsang saraf kranial kesepuluh, yaitu saraf vagus. Saraf ini berperan penting dalam menurunkan ritme jantung.

Ketika saraf ini terangsang, tentu saja tidak menutup kemungkinan detak jantung Anda akan menurun. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak terlalu sering meminum air dingin demi menjaga kesehatan Anda.

Minum air dingin saat cuaca panas memang memiliki manfaat dalam mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat produksi keringat. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa ada bahaya yang mengintai Anda jika terlalu sering meminum air dingin atau air es.

Baca juga: Jeans berefek dingin yang tahan air dari Wrangler
Baca juga: Fakta terkait sakit kepala setelah minum air es

sumber:hellosehat

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar