Kesadaran bayar pajak harus terus digalakkan, kata Bupati Barsel

id kabupaten barito selatan,barsel,bupati barsel,eddy raya samsuri,bayar pajak

Kesadaran bayar pajak harus terus digalakkan, kata Bupati Barsel

Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri (tengah) bertemu kepala KPP dan KP2KP Buntok Widanarko, kemarin. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (ANTARA) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah Eddy Raya Samsuri mengajak seluruh komponen agar bersama-sama membangun dan menggalakkan kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya peran dan keberadaan pajak bagi keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pajak menjadi kekuatan yang sangat penting dalam pembangunan negara, dan dengan penerimaan negara dari sektor pajak, maka beberapa rancangan masa depan akan lebih mudah dilaksanakan," kata Eddy di Buntok, kemarin.

Dikatakan, melalui pengumpulan pajak oleh Direktorat Jenderal Pajak digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat secara umum, dan khususnya bagi masyarakat Barsel.

Dia pun berharap dengan momentum hari pajak, marilah bersama-sama membangun kesadaran masyarakat tentang arti penting pajak bagi keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Pada tanggal 14 Juli 2019 merupakan hal penting tidak hanya untuk Direktorat Jenderal Pajak atau DJP, namun juga bagi bangsa Indonesia, karena, salah satu tokoh bangsa, Radjiman Wedioningrat mengusulkan agar pajak diatur dengan undang-undang tepatnya pada tanggal 14 Juli 1945," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Buntok Widanarko mengatakan, sistem perpajakan di Indonesia yang menganut self assessment perlu digelorakan tiap tahun sebagai wujud patriotism rakyat kepada tanah air tercinta.

Baca juga: Polres Barsel janji tingkatkan kualitas pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat

Dia mengatakan pajak menjadi kekuatan yang sangat penting dalam pembangunan negara. Dengan penerimaan negara dari sektor pajak, maka beberapa rancangan masa depan akan lebih mudah dilakukan. Dana pajak yang dikumpulkan menjadi pembuka jalan untuk melangkah ke harapan yang lebih tinggi. 

"Kami, KP2KP Buntok, dalam memperingati Hari Pajak melakukan kegiatan canvassing/pendataan di Mangkatip Kecamatan Dusun Hilir," kata Widanarko. 

Menurut dia, kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan ekstensifikasi perpajakan dengan cara mengedukasi masyarakat Barito Selatan agar mengenal dan sadar pajak.

Hal itu dilakukan, dengan cara mendatangi setiap rumah/kegiatan usaha untuk dijelaskan arti pentingnya pajak bagi keberlangsungan pemerintahan baik pusat maupun daerah. 

"Ke depan tidak ada lagi alasan ketidaktahuan atau kealpaan dalam menjalankan hak dan kewajiban pajak," demikian Widanarko.

Baca juga: 146 mahasiswa dari empat IAIN laksanakan KKN di Barito Selatan

Baca juga: Pemkab Barito Selatan berkomitmen pertahankan opini WTP