Tingkatkan kualitas nelayan di Seruyan melalui penyediaan sarpras

id Dprd seruyan, kuala pembuang, nelayan, perikanan tangkap, perairan laut dan sungai, hasil laut, bantuan sarana dan prasarana, mesin perahu, alat tangk

Tingkatkan kualitas nelayan di Seruyan melalui penyediaan sarpras

Aktivitas nelayan di pelabuhan pasar sayur ikan, Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan. (Foto Istimewa)

Kuala Pembuang (ANTARA) - DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mendorong pemerintah kabupaten untuk lebih serius, menyiapkan berbagai program dan kegiatan dalam upaya peningkatan kualitas para nelayan.

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang, Selasa, mengatakan, hal itu penting dilakukan agar kesejahteraan para nelayan dapat ditingkatkan, terlebih profesi tersebut cukup banyak dipilih oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Hal itu bisa dilakukan dengan memperbanyak bantuan sarana dan prasarana perikanan, baik berupa mesin perahu maupun alat tangkap ikan seperti jaring dan sejenisnya," jelasnya.

Pemerintah kabupaten dinilai wajar jika mengalokasikan cukup banyak anggaran untuk sektor tersebut, sebab Seruyan memiliki potensi perikanan yang luar biasa dan belum benar-benar digali secara maksimal.

Politisi PAN ini menjelaskan, bantuan dari pemerintah daerah tentu sangat diharapkan oleh para nelayan, khususnya yang berkaitan dengan bantuan mesin perahu. Apalagi sebagian besar nelayan, masih kekurangan alat itu.

Padahal keberadaan mesin itu sangat penting, guna membantu nelayan agar dapat bergerak secara bebas dan memperluas area jangkauan penangkapan ikan yang mereka lakukan, baik di sungai maupun laut.

"Pemerintah kabupaten melalui dinas terkait diharapkan bisa mengalokasikan anggaran yang benar-benar memadai dan sesuai kebutuhan nelayan. Kami secara kelembagaan tentu akan mendukung penuh, selama tidak melanggar aturan," paparnya.

Untuk itu, pihaknya tak pernah henti-hentinya mendorong pemerintah kabupaten, agar terus meningkatkan bantuan yang diberikan kepada nelayan. Menurutnya jika nelayan yang ada di Seruyan sejahtera, tentu juga akan berdampak positif bagi pembangunan di daerah.