Bupati Seruyan serahkan 10 unit perahu kepada nelayan

id pemkab seruyan,kuala pembuang,bupati seruyan,yulhaidir,dinas perikanan,bantuan,perahu bermotor,alat tangkap,sungai,kesejahteraan,petani

Bupati Seruyan serahkan 10 unit perahu kepada nelayan

Ilustrasi, nelayan. ANTARA/Anom Prihantoro/am.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir menyerahkan hibah barang sarana perikanan sebanyak 10 unit, berupa perahu bermotor lengkap dengan alat tangkap serta kotak pendingin kepada kelompok nelayan Karya Rahmat Desa Ulak Batu, Kecamatan Danau Sembuluh.

"Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi perikanan dan kesejahteraan nelayan tangkap di perairan umum, sebab sebagian besar masyarakat Seruyan merupakan nelayan," katanya di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia menjabarkan, selain sebagai petani, sebagian masyarakat juga berprofesi sebagai nelayan di sepanjang Sungai Seruyan. Dengan bantuan itu, pihaknya berharap para nelayan bisa lebih giat bekerja dan mendapatkan tangkapan yang lebih banyak dibanding sebelumnya.

Para nelayan yang mendapat bantuan, diminta memelihara dan menggunakan perahu maupun alat tangkap lainnya yang diberikan secara optimal. Hingga nantinya keberadaan bantuan itu memberikan manfaat dalam jangka waktu yang cukup panjang.

"Kami harap nelayan menggunakannya dengan baik dan benar, jangan sampai disalahgunakan seperti menjualnya kembali kepada pihak lain," tuturnya.

Dinas Perikanan setempat pun diminta secara rutin melakukan pengawasan, guna mencegah ragam potensi penyimpangan yang mungkin saja terjadi. Apabila pengawasan dilakukan secara ketat, tentu oknum nelayan yang ingin melakukan penyimpangan tidak akan berani.

Pada penyerahan itu, Yulhaidir didampingi perwakilan dari Dinas Perikanan dan anggota DPRD Seruyan Arrahman. Pihaknya pun terus berupaya agar jumlah bantuan yang diberikan kepada nelayan dapat terus ditingkatkan dan rutin dilakukan di setiap tahunnya.