Sebar bibit ikan ke seluruh sungai di Barito, kata Legislator Kalteng

id dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,sebar bibit ikan,ikan,sungai barito

Sebar bibit ikan ke seluruh sungai di Barito, kata Legislator Kalteng

Warga mencari ikan di Sungai Barito yang wilayah Teluk Siwak Kecamatan Montallat. (Jurnalisme warga)

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Syamsul Bachri mengusulkan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi maupun kabupaten, agar menyebarkan bibit ikan ke seluruh sungai maupun pulau-pulau kecil yang ada di Daerah Aliran Sungai Barito.

Menyebar bibit ikan tersebut sangat penting karena sekarang ini jumlah ikan hampir di seluruh sungai di wilayah Barito semakin sedikit dan sulit untuk ditangkap oleh masyarakat, kata Syamsul di Palangka Raya, kemarin.

"Sekarang ini menangkap ikan di sungai-sungai yang ada di barito sangat sulit. Apakah itu memancing, menjala dan lain sebagainya, tetap sulit. Itu bukti jumlah ikannya sudah semakin sedikit," beber dia.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya itu menyebut ada puluhan danau di wilayah DAS Barito, yang sangat potensial untuk lokasi mengembangkan bibit ikan.

Baca juga: Sumbangan pihak ketiga bisa ditarik pemprov Kalteng dari Bareskrim

Dia mengatakan di Kabupaten Barito Selatan ada banyak danau kecil yang sangat bagus dan potensial disebar bibit ikan nila maupun patin. Pihak yang punya kemampuan untuk menyebar bibit ikan tersebut ada di pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten setempat.

"Tinggal kemauan dari pemerintah melalui dinas terkait untuk menyediakan anggaran membeli dan menyebar bibit-bibit ikan tersebut," kata Syamsul.

Selain menyebar bibit ikan, pemerintah juga perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar sungai maupun pulau-pulau kecil agar tidak sembarangan mengambil ataupun menangkap ikan. Di mana ikan-ikan masih kecil dan sedang bertelur, dilarang untuk diambil agar jumlahnya semakin banyak.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu meyakini dengan adnaya penyebaran bibit ikan dan pemberian pemahaman, bukan hanya jumlah ikan semakin banyak tapi juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar sungai maupun pulau-pulau kecil.

"Semoga pemerintah bisa merealisasikan usulan tersebut. Kami dari DPRD Kalteng pasti akan mendukungnya," demikian Syamsul.

Baca juga: Cegah stunting, pemerintah harus motivasi ibu hamil rutin ke puskesmas

Baca juga: Infrastruktur penunjang jadi beban jika Ibu Kota Indonesia di Kalteng