BI Kalteng tingkatkan pemahaman siswa SMA terkait Bank Sentral

id kalimantan tengah,kalteng,bank kalteng,setian,Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng,Bank Indonesia Mengajar

BI Kalteng tingkatkan pemahaman siswa SMA terkait Bank Sentral

Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng Setian saat mengajar di SMAN 3 Palangka Raya, Rabu (31/7/2019). (Ist)

Palangka Raya (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan pemahaman dan wawasan masyarakat, khususnya siswa Sekolah Menengah Atas yang ada di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia, terkait peran dan fungsi BI sebagai Bank Sentral dalam digitalisasi ekonomi dan keuangan daerah.

Salah satu upaya meningkatkan pemahaman tersebut melalui 'Bank Indonesia Mengajar' yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia dari tanggal 29 Juli hingga 2 Agustus 2019, kata Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng Setian di Palangka Raya, Rabu.

"Kalau untuk di Provinsi Kalteng, kami melaksanakan 'Bank Indonesia Mengajar' di dua sekolah, yakni SMA Negeri 3 Palangka Raya dan SMAN 10 Palangka Raya. Kami melaksanakannya tanggal 30 dan 31 Juli 2019," tambahnya.

Adapun materi yang dipaparkan dalam 'Bank Indonesia Mengajar' adalah pengenalan kelembangaan dan lingkup tugas BI, peran dan tugas BI dalam mengembangkan ekonomi serta keuangan digital di Indonesia.

Setian mengatakan kedua materi itu diberikan dengan harapan pemahaman dan literasi masyarakat terkait peran dan tugas Bank Indonesia, khususnya dalam menghadapi era digitalisasi ekonomi dan keuangan saat ini.

"Program itu juga bentuk kepedulian kepada edukasi dan peningkatan literasi untuk kemajuan pendidikan masyarakat Indonesia," bebernya.

Baca juga: Produk berbahan rotan karya UMKM Kalteng disukai Presiden Jokowi

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Kalteng itu pun mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah, Guru dan para siswa SMAN3 serta SMAN 10 Palangka Raya, yang terbuka dan berkenan menjadi lokasi 'Bank Indonesia Mengajar'.

Dia mengaku sangat senang dengan respon dan antusias siswa di dua sekolah tersebut dalam mengikuti 'Bank Indonesia Belajar'. Hal itu terlihat dari keseriusan mendengar dan banyaknya pertanyaan yang disampaikan para siswa.

"Kami berharap dengan adanya 'Bank Indonesia Mengajar' itu, para siswa di dua SMA itu juga turut menginformasikan kepada pihak lainnya terkait peran dan fungsi BI sebagai Bank Sentral," demikian Setian.

Dipenghujung acara 'Bank Kalteng Mengajar" di SMUN3 Palangka Raya, BI Kalteng memberikan satu buah uncut banknotes sebagai apresiasi kepada siswa yang mampu menjelaskan kembali materi yg telah disampaikan. Hal ini sebagai bagian dari dedikasi BI untuk pendidikan Indonesia karena BI ada di setiap makna Indonesia.

Baca juga: Optimalkan sumber pertumbuhan ekonomi baru, kata BI Kalteng

Baca juga: BI perkirakan pertumbuhan investasi dan ekspor Kalteng tetap menguat

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar