1.230 orang peserta siap ikuti Perkemahan Wirakarya Kalteng

id Pemprov kalteng, pemerintah provinsi, kalimantan tengah, kalteng, pramuka, yulistra ivo, sugianto sabran, kwarda, penegak, pandega, perkemahan wirakar

1.230 orang peserta siap ikuti Perkemahan Wirakarya Kalteng

Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Sugianto Sabran bersama pengurus lainnya menggelar rapat tentang kegiatan pelaksanaan Perkemahan Wirakarya yang akan di pusatkan di Kota Palangka Raya, Kamis, (1/8/2019). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan, ada sekitar 1.230 orang peserta yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota se-Kalteng yang akan hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan Perkemahan Wirakarya pada 24-29 Agustus 2019 mendatang.

"Agar perkemahan nantinya terlaksana dengan baik tanpa adanya hambatan, kami telah menggelar rapat bersama para pengurus," kata Ketua Kwarda Pramuka Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran di Palangka Raya, Kamis. 

Perkemahan Wirakarya merupakan pertemuan pramuka penegak atau pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka terlaksananya integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat.

Ivo mengatakan, para peserta yang hadir dalam Perkemahan Wirakarya adalah perwakilan dari penegak atau pandega se-Kalteng. Kegiatan itu juga akan dirangkai dengan peringatan hari jadi pramuka pada pertengahan Agustus.

Selama enam hari kegiatan, panitia juga melaksanakan bakti sosial, bekerja sama dengan instansi terkait seperti khitanan massal, donor darah, penyuluhan pemuda anti narkoba, penyuluhan penanganan kebakaran hutan dan lahan hingga pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan. 

"Jadi apa yang dilakukan Kwarda Pramuka Kalteng tidak hanya monoton begitu saja, namun juga bermanfaat bagi masyarakat," jelasnya kepada Antara Kalteng.

Melalui ragam kegiatan itu nantinya, diharapkan mampu membuat anak muda di Kalteng lebih semangat terlibat dalam berbagai kegiatan positif, melalui keikutsertaan mereka dalam bakti sosial yang akan dilakukan nantinya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, semua rangkaian kegiatan yang pihaknya lakukan, tentu menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Untuk itu, secara berkala pihaknya selalu melakukan pembaruan informasi terhadap kondisi di daerah maupun nasional.

Dalam rapat itu, pihaknya juga membahas eksistensi mereka di media sosial. Pengurus Kwarda Pramuka Kalteng juga akan memberikan informasi-informasi terbaru, mengenai berbagai capaian yang berhasil diraih selama ini.

"Informasi mengenai kegiatan Kwarda Pramuka Kalteng juga bisa dilihat melalui media sosial seperti Instagram, Facebook serta website yang nantinya segera diaktifkan," tegas Ivo.