Ribuan peserta BPJS Kesehatan dinonaktifkan, ini penyebabnya

id BPJS Kesehatan,Kementerian Sosial (Kemensos) RI,Ribuan peserta BPJS Kesehatan dinonaktifkan,kemensos nonaktifkan peserta bpjs kesehatan

Ribuan peserta BPJS Kesehatan dinonaktifkan, ini penyebabnya

Peserta JKN melihat papan pengumuman di kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Kepri. (Ogen)

Ada juga yang tercatat telah meninggal dunia, memiliki data ganda, serta pindah segmen atau menjadi lebih mampu
Tanjungpinang (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI.menonaktifkan sebanyak 7.000 peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Kepulauan Riau yang dibiayai melalui dana APBN.

Angka itu tersebar di lima wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, terdiri dari Kabupaten Bintan 1.769 orang, Kabupaten Anambas 1.438 orang, Kabupaten Natuna 1.524 orang, Kabupaten Lingga 1.004 orang dan Kota Pinang 1.671 orang.

"Kami akan lakukan sosialisasi masif, agar masyarakat tahu penonaktifan ini dilakukan berdasarkan SK Kemensos tahun 2019," kata Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tanjungpinang, Agusrianto, Jumat.

Baca juga: Sebanyak 5,2 juta Penerima Bantuan Iuran JKN dinonaktifkan

Agus mengatakan, 7.000 PBI yang dinonaktifkan itu disebabkan beberapa hal, antara lain memiliki NIK dengan status tidak jelas.

Kemudian, ada yang tidak memanfaatkan layanan kesehatan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sejak 2014 hingga saat ini.

"Ada juga yang tercatat telah meninggal dunia, memiliki data ganda, serta pindah segmen atau menjadi lebih mampu," ungkapnya.

Pihaknya menyarankan bagi peserta PBI APBN yang merasa kartu JKN-nya sudah tidak aktif, silahkan membuat pengaduan ke dinas sosial (Dinsos) di masing-masing daerah untuk diminta masuk ke dalam kuota PBI yang dibiayai oleh pemerintah daerah .

"Kami juga mendorong pemerintah daerah agar mengakomodir peserta PBI yang dinonaktifkan tersebut ke dalam APBD," ucap Agus.

Sebelumnya, Kementerian Sosial mulai 1 Agustus 2019 menonaktifkan 5.227.852 peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Program Jaminan Kesehatan Nasional yang sebelumnya iuran kepesertaan mereka dibayar oleh pemerintah melalui APBN.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya sasar sektor UMKM melalui jemput bola
Baca juga: Lima rumah sakit di Kalteng turun kelas
Baca juga: Ini cara mudah peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk miliki rumah murah